Manajer PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Gorontalo, Supriyadi PLN akan membangun sejumlah Gardu Induk (GI) di bagian utara dan barat Gorontalo, untuk mendukung pertumbuhan ekonomi daerah.

“Di bagian utara, kami akan membangun jaringan suplai GI dari Anggrek ke Tolinggula. Di barat, dari GI Marisa ke Moutong. Harapannya pembangunan GI ini bisa meningkatkan keandalan dan jaringan agar bisa menarik investor ke daerah itu, sehingga perekonomian Gorontalo akan tumbuh,” jelas Supriyadi saat audiensi dengan Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim di rumah dinas wagub di Gorontalo, Rabu.

Namun demikian, pembangunan jaringan tersebut menemui kendala karena melintasi kawasan hutan.

Oleh karena itu PLN mengharapkan dukungan dari Pemerintah Provinsi Gorontalo untuk mempercepat perizinannya.

“GI sudah siap dan kami dari sisi pelayanan insya Allah akhir tahun ini juga sudah selesai. Namun suplai utama dari transmisinya di Anggrek ke Tolinggula melewati kawasan hutan. Untuk itu kami meminta dukungan dari Pemprov Gorontalo agar perizinannya bisa dipercepat agar pembangunan GI bisa berjalan lancar,” katanya.

Supriyadi menambahkan, keandalan dan jaringan di bagian utara dan barat Gorontalo masih minim.

Hal itu berdampak pada suplainya yang tidak standar, sehingga mempengaruhi minat investor untuk berinvestasi di daerah itu.

“Pak wagub sangat mendukung dan sudah meminta Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk membantu kami dalam percepatan izinnya,” katanya.

Turut serta pada audiensi itu Manajer Unit Induk Pembangunan (UIP) Sulut, John Rembet, Manajer Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan (UP2K) PLN Gorontalo, Ansar, serta Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Gorontalo Faisal Lamakaraka. *

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021