Pemerintah Provinsi Gorontalo melalui Dinas Pariwisata akan membentuk Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Gorontalo, untuk memaksimalkan dan mengembangkan potensi wisata di daerah itu.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo Rifli Katili, Senin, mengatakan sebelumnya sudah terbentuk BPPD pada tahun 2020.

"Namun memang belum dikukuhkan, karena sampai saat ini masih pandemi COVID-19 dan sektor pariwisata yang paling berdampak pada situasi ini," katanya di Gorontalo.

Untuk segera merealisasikan hal itu, pihaknya mengundang Gubernur Gorontalo Rusli Habibie untuk melantik dan mengukuhkan BPPD Gorontalo pada tanggal 4 November 2021.

Menurutnya badan promosi pariwisata ini terdiri dari unsur akademisi, pengusaha, komunitas, pemerintah dan media.

Sementara itu Gubernur Rusli meminta agar badan promosi ini bukan hanya sekedar dikukuhkan, tetapi harus ada aksi nyata mendorong majunya pariwisata di Gorontalo.

Ia berharap BPPD mengajak masyarakat luas untuk berwisata ke Gorontalo, serta mempromosikannya dengan sukarela.

Gubernur menilai pariwisata Gorontalo memiliki banyak hal yang tidak dimiliki daerah lain, misalnya wisata bahari yang masih alami seperti kawasan hiu paus.

"Keragamanhayati Gorontalo dapat menjadi aset penting dalam pariwisata. Kita juga punya burung maleo yang tidak semua tempat di Sulawesi ada," katanya.

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021