Kepolisian Resor (Polres) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, menyiapkan 3 pos pengamanan (pospam) Natal dan Tahun Baru (Nataru) di wilayah tersebut, kata Kapolres Gorontalo Utara, AKBP Dicky Irawan Kesuma, Selasa.

Pospam direncanakan dibangun di awal Desember 2021, di pintu masuk Gorontalo di wilayah timur Gorontalo Utara, yaitu Kecamatan Atinggola yang berbatasan langsung dengan Provinsi Sulawesi Utara.

Pintu masuk di wilayah barat, yaitu Kecamatan Tolinggula yang berbatasan langsung dengan Provinsi Sulawesi Tengah.

Serta perbatasan antara Gorontalo Utara dengan Kabupaten Gorontalo, di Molingkapoto, Kecamatan Kwandang, yang juga akan mendukung pengamanan di pusat ibu kota kabupaten yang berada di jalur utama lintas Sulawesi.

Seperti pengamanan pada Nataru tahun 2020, direncanakan pihaknya akan siagakan 80 orang personel di setiap pospam, bekerja sama dengan berbagai unsur, yaitu TNI, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) dan Dinas Perhubungan.

Serta direncanakan pada pekan depan, akan melakukan rapat bersama dengan pemerintah daerah setempat, dalam rangka persiapan pengamanan Nataru.

Terkait teknis pengamanannya, kata Kapolres Dicky, pihaknya masih menunggu petunjuk dari atasannya apakah akan bertindak mengikuti pola seperti tahun sebelumnya, ataukah ada petunjuk baru.

Mengingat pada masa pandemi COVID-19 untuk arus mudik di tahun 2020 tidak diberlakukan. Sehingga secara nasional saat itu, seluruh moda transportasi tidak beroperasi.

"Untuk tahun ini, kami menunggu petunjuk atasan untuk rencana pengamanan persiapan Natal hingga setelah perayaan Tahun Baru," imbuhnya.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021