Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Para pemenang Duta Sanitasi tingkat Provinsi Gorontalo tahun 2015, menyatakan kesiapan untuk "bertarung" di tingkat nasional.

"Alhamdulillah kami terpilih sebagai duta sanitasi Provinsi Gorontalo, sejak 2013 kami memang selalu aktif mengalakkan hidup sehat di lingkungan yang bisa kami jangkau," kata Sukmawati Imran, Rabu.

Setelah melalui dua tahapan penilaian, akhirnya terpilih juara 1, serta peringkat 2-5 yang akan mewakili Provinsi Gorontalo pada pemilihan Duta Sanitasi tingkat Nasional.

Pada pemenang tersebut adalah, juara pertama Sukmawati Imran, peringkat dua Fidya Ilahude, peringkat tiga Sofiana Kumalasari, peringkat empat Agustina Botutihe dan peringkat kelima Grace Dwi Laksana.

Semuanya menyatakan kesiapan bertarung dengan utusan dari berbagai provinsi se Indonesia.

Para pemenang yang lainnya juga kompak mengatakan, sebagai remaja, mereka juga memanfaatkan jejaring media sosial yang ada untuk dapat menyebarluaskan ide hidup sehat kepada khalayak ramai.

Kegiatan tersebut merupakan ajang kompetisi para duta sanitasi yang terpilih untuk menjadi yang terbaik dan mewakili Provinsi Gorontalo dalam ajang serupa di tingkat nasional yang digelar oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Gorontalo yang dimulai pada 28-30 September 2015.

Pada tahap pertama penilaian, peserta duta sanitasi harus mampu menunjukan kiprahnya disekolah maupun masyarakat mengenai program duta sanitasi itu sendiri, selain itu para peserta juga memanfaatkan sarana internet untuk menyebarluaskan ide sanitasi.

Pada tahap kedua penilaian peserta harus mempresentasikan ide kreatif dalam forum bersama melalui berbagai cara, mulai dari baca puisi, penayangan film hingga ceramah.

"Penilaian tahap pertama memiliki bobot 60 persen dan kedua 40 persen,"ungkap Sophan, Kepala Satuan Kerja Pengembangan Air Minum Sanitasi.

Tema dari lomba tersebut adalah 3R (Reduce, Reuse, Recycle) Sanitasi Sehat Kita Sehat.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015