Badan Intelijen Negara (BIN) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, menggelar gebyar serbuan vaksinasi COVID-19 dipusatkan di lapangan Desa Monano, Kecamatan Monano.

"Ini salah satu bentuk dukungan BIN untuk mempercepat realisasi vaksinasi COVID-19 di daerah yang masih minim capaian. Kami bersinergi dengan pemerintah daerah, TNI dan Polri, serta perangkat daerah untuk menggelar serbuan vaksinasi," kata Kepala BIN Daerah Gorontalo, Suryono, di Gorontalo, Kamis.

Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 pun terus didekatkan dengan membuka gerai vaksinasi di desa-desa, namun digelar terpusat agar lebih banyak orang yang datang dan lebih luas cakupannya.

"Targetnya mempercepat capaian realisasi agar kekebalan tubuh bersama cepat terbentuk," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Gorontalo Utara, Rizal Yusuf Kune mengatakan, sangat mengapresiasi dukungan pihak BIN, TNI dan Polri dalam pelaksanaan serbuan vaksinasi COVID-19.

Pihaknya menyiapkan 10 tenaga dokter untuk mempercepat pelayanan vaksinasi di Kecamatan Monano tersebut.

Gebyar seribu sasaran diharapkan dapat melayani paling di bawah 1.000 orang dapat divaksin setiap hari.

Warga dari desa mana saja akan dilayani kata Rizal, bahkan pihaknya menerima warga dari luar daerah yang datang untuk divaksin.

Setiap pekan, pemerintah kecamatan menjadwalkan pelaksanaan vaksinasi dan Dinas Kesehatan memastikan menyiapkan personel baik dokter, maupun tenaga vaksinator.

"Kita keroyokan melaksanakan kegiatan ini, digelar terpusat setiap pekan namun setiap hari tetap membuka layanan vaksinasi di puskesmas maupun gerai desa," katanya pula.

Total warga yang divaksin di lapangan Desa Monano, Kecamatan Monano, sebanyak 249 orang.

Terdiri dari 105 orang pelajar untuk dosis 1, dan 21 pelajar dosis 2. Masyarakat umum sebanyak 71 orang dosis 1, dan 20 orang dosis 2.

Lanjut usia (lansia) sebanyak 8 orang dosis 1, dan 3 orang dosis 2. Sedangkan pelayan publik, sebanyak 19 orang dosis 1, dan 2 orang untuk dosis 2.***
Seluruh unsur di Gorontalo Utara bersinergi menggelar Gebyar Serbuan vaksinasi COVID-19 terpusat di Desa Monano, Kecamatan Monano. (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021