Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Beras program keluarga miskin untuk tambahan jatah dua bulan yakni bulan ke-13 dan ke-14 segera disalurkan untuk warga yang menerima di Kota Gorontalo.

Walikota Gorontalo Marten Taha, Senin, mengatakan untuk tahun 2015 warga penerima raskin memperoleh tambahan jatah untuk dua bulan yakni Raskin 13 dan 14.

Dia menjelaskan, jika selama ini kebijakan pemerintah Kota Gorontalo menggratiskan raskin untuk warga yang kurang mampu di daerah ini, maka khusus untuk jatah raskin 13 dan 14, akan dibayar oleh warga yang ingin memperolehnya, yakni setiap kilogram Rp1600.

Dia mengatakan, untuk jatah selama 12 bulan, Pemerintah Kota Gorontalo sudah menanggungnya, sehigga diberikan kepada warga kurang mampu secara gratis, tapi untuk tambahan dua bulan, tidak ada alokasi dana untuk itu sehigga harus dibeli warga kurang mampu.

" harga jual tetap disesuaikan dengan ketentuan untuk beras miskin yang diterima warga kurang mampu," Kata Marten.

Dia mengungkapkan, bahwa tambahan jatah raskin dua bulan tersebut, akan disalurkan pada pertengahan bulan Oktober 2015 ini, tentunya harus disesuaikan dengan data yang biasanya menerima dimasing-masing kelurahan.

Selvi Maaruf sekertaris kelurahan di salah satu wilayah di Kota Gorontalo mengakui, bahwa memang untuk tahun 2015 ini, warga kurang mampu yang biasanya menerima raskin, mendapat tambahan jatah untuk 2 bulan.

Dia menjelaskan, jika biasanya para penerima raskin hanya dibatasi atau diukur berdasarkan liter, namun untuk raskin tambahan ini diperbolehkan mendapat jatah 15 Kg setiap kepala keluarga (KK).

Menurut dia, memang selama ini jatah raskin untuk tiap KK hanya 10 liter, ini disesuaikan jumlah penerima dengan jatah raskin yang diterima setiap kelurahan, dan itu telah disepakati oleh warga yang kurang mampu.

Selama ini kami membagi raskin disesuai dengan jumlah warga yang berhak menerima, sehigga ukuranya dengan liter, kata Selvi.

Pewarta: M.F. Said

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015