Sebanyak lima desa di Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo meraih predikat sebagai Desa Lestari dalam gelaran Festival Kabupaten Lestari (FKL) 4 yang dipusatkan di Bone Bolango dan Kabupaten Gorontalo.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou di Gorontalo, Rabu, mengatakan lima desa tersebut yaitu Desa Bangio, Tulabolo, Huntu Selatan, Lonuo dan Ilomata.

"Desa Bangio telah mengelola pengembangbiakan burung endemik maleo bersama Taman Nasional Bogani Nani Wartabone," ujarya.

Selanjutnya Desa Tulabolo berkontribusi dalam menjaga Sanctuary Maleo Hungayono dengan membuat peraturan desa larangan berburu dan pengembangan ekowisata.

"Desa Huntu Selatan juga melindungi dan menjaga kearifan lokalnya," ujar Bupati.

Sedangkan Desa Lonuo dan Desa Ilomata telah melakukan pemulihan ekosistem pengembangan ekowisata untuk menjaga kearifan lokal.

Atas raihan tersebut, Bupati Hamim menegaskan akan memberikan bonus tambahan di luar dari Anggaran Dana Desa dan Alokasi Dana Desa untuk lima desa tersebut.

"Lima desa ini telah berkomitmen pada pembangunan yang tetap memperhatikan pelestarian lingkungan. Kami sudah putuskan ada hadiah dan bonus tambahan di luar dari anggaran dana desa dan alokasi dana desa," pungkasnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021