Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara berharap agar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo mendukung upaya peningkatan infrastruktur di daerah ini.

Hal itu diungkapkan Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin, dihadapan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie pada kegiatan penyerahan bantuan dana pendidikan Pemerintah Provinsi untuk SMA/SMK di kabupaten ini sebesar Rp7 miliar, Rabu.

Mulai tahun 2015 pembangunan infrastruktur terus digenjot pemerintah daerah meski anggaran daerah masih sangat terbatas.

Pemerintah daerah berharap pembangunan infrastruktur mengalami percepatan, namun intervensi pemerintah provinsi maupun pusat sangat diharapkan.

Apalagi kata Indra, Gubernur Rusli pernah menjabat Bupati Gorontalo Utara, sehingga pasti ada ikatan emosional yang kuat dengan daerah ini yang berharap ada kucuran anggaran lebih besar untuk peningkatan infrastruktur publik.

Seperti pembangunan jalan by pass Moluo-Molingkapoto sepanjang 9,5 kilo meter yang belum rampung, jaringan air bersih dan irigasi serta jembatan dan jalan yang masih banyak memerlukan bantuan anggaran yang signifikan, kata Indra.

"Saya tidak malu meminta bantuan langsung ke pemerintah provinsi sebab Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) kabupaten ini masih sangat kecil, tahun 2015 hanya Rp513 miliar sehingga tambahan alokasi anggaran sangat diharapkan pemerintah daerah," ungkapnya.

Ia berharap, target realisasi APBD tahun 2015 ini khususnya untuk program fisik dapat terserap dan terealisasi optimal minimal 97 persen, agar peningkatan anggaran tahun 2016 bisa diperoleh kabupaten ini untuk peningkatan program pembangunan secara merata di seluruh kecamatan.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015