Basarnas Gorontalo melaksanakan apel gelar pasukan siaga SAR khusus menjelang perayaan Natal dan tahun baru 2022 di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Jumat.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Gorontalo I Made Junetra mengatakan siaga SAR khusus tersebut akan dilaksanakan selama 18 hari.

"Siaga SAR khusus ini dimulai dari tanggal 17 Desember 2021 hingga 4 Januari 2022 nanti," ujarnya.

I Made Junetra menekankan kepada semua petugas Siaga SAR khusus ini agar dapat aktif berkoordinasi dan bersinergi dengan potensi SAR terkait.

"Jaga nama baik organisasi, ikuti prosedur yang ada, tunjukan bahwa kita bekerja secara profesional, sinergi dan militan, serta utamakan faktor keselamatan dalam pelayanan SAR bagi petugas dan masyarakat serta jangan kendor dengan Protokol Kesehatan terkait pandemi COVID-19," ujarnya kepada anggota Basarnas.

Disamping mengecek kesiapan para personil, juga memperhatikan performa petugas Basarnas dan kesiapan alat.

"Ini merupakan salah satu faktor yang menunjang kewibawaan dan performa Basarnas, sehingga lebih meyakinkan penilaian masyarakat terhadap kesiapsiagaan pelayanan SAR," bebernya.

Personil Basarnas Gorontalo yang diterjunkan dalam penanganan siaga Natal dan tahun baru pada tahun ini sebanyak 73 personil Rescuer dan personil ABK. 

Personil tersebut ditempatkan di Kantor Pencarian dan Pertolongan Gorontalo, Pos SAR Marisa, Pos Sar Kwandang.

"Titik fokus siaga pada tahun ini sama seperti tahun sebelumnya di mana berkonsentrasi pada transportasi mudik, seperti bandara Djalaludin Tantu, pelabuhan penyeberangan Gorontalo dan tempat wisata yang ada di Provinsi Gorontalo," pungkasnya.

 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021