Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, mengoptimalkan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6-11 tahun.

"Kami segera menggelar vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6-11 tahun. Saat ini, sementara berkoordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo terkait kuota vaksin untuk pelaksanaan vaksinasi tersebut," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo Utara, Rizal Yusuf Kune, di Gorontalo, Senin.

Namun, kata dia, kesiapan data telah dimatangkan, berkoordinasi dengan pihak Dinas Pendidikan setempat.

"Kami telah menerima data resmi dari Dinas Pendidikan, merujuk pada jumlah sekolah di daerah ini, ada sekitar 11 ribu anak usia 6-11 tahun yang menjadi sasaran vaksinasi COVID-19," katanya.

Direncanakan, vaksinasi perdana untuk anak di daerah itu akan digelar pada 12 Januari 2022 berlokasi di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 8 Gorontalo Utara di Molingkapoto, Kecamatan Kwandang.

Pihaknya segera menyosialisasikan kegiatan tersebut, termasuk berkoordinasi dengan pihak TNI dan Polri, Dinas Pendidikan, serta pihak sekolah.

Selain itu, dengan pihak Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Gorontalo yang akan mendukung pelaksanaan vaksinasi perdana tersebut.

Ia berharap, pelaksanaan vaksinasi dapat berjalan lancar dan mendapat dukungan penuh dari masyarakat mengingat Gorontalo Utara salah satu kabupaten di Provinsi Gorontalo yang telah layak melaksanakan vaksinasi COVID-19 untuk anak.

Salah satu indikatornya, katanya, capaian vaksinasi untuk lanjut usia (lansia) yang harus mencapai minimal 60 persen.

Ia mengatakan capaian tersebut di daerah ini telah berhasil dilampaui hingga 90 persen dari 7.169 sasaran lansia.

"Olehnya, kita optimalkan sosialisasi vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6-11 tahun," katanya.

Apalagi beberapa kecamatan, di antaranya Kecamatan Atinggola telah menyatakan kesiapan untuk pelaksanaan tersebut.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022