Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 perdana pada anak usia 6 hingga 11 tahun di Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, berhasil melampaui target.

"Alhamdulillah, respon orang tua mengantarkan anaknya untuk disuntik vaksin COVID-19 perdana di daerah ini sangat besar dan antusias. Kami hanya menargetkan 1.000 orang anak namun yang datang ternyata melampaui," kata Kepala Dinas Pendidikan Gorontalo Utara, Irwan Abudi Usman, di Gorontalo, Rabu.

Ia mengaku, antusiasme itu merupakan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya vaksinasi COVID-19.

Termasuk dalam pemenuhan prasyarat sekolah tatap muka terbatas yang diselenggarakan di tahun pelajaran 2021/2022 mulai tahun ini.

"Hari ini, sebanyak 1.211 anak sekolah usia 6 hingga 11 tahun berhasil disuntik vaksin terpusat di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 8 Gorontalo Utara, di Kecamatan Kwandang. Kondisi ini diharapkan tetap bertahan, agar target tuntas vaksinasi COVID-19 untuk anak dapat terpenuhi selama 2 bulan," katanya.

Pihaknya pun kata Irwan, sangat berterima kasih kepada Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) Gorontalo dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Gorontalo.

Serta Bupati Indra Yasin, Wakil Bupati Thariq Modanggu, para kepala organisasi perangkat daerah, juga unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) atas keberhasilan pelaksanaan vaksinasi perdana itu.

Selanjutnya, kegiatan vaksinasi untuk anak akan berlangsung di setiap kecamatan dengan target yang sama.

"Orang tua diharapkan mempertahankan antusiasme itu, dengan mendatangi gerai vaksinasi di sekolah yang disiapkan maupun di kantor desa dan puskesmas dalam upaya mempercepat pemberian vaksinasi untuk anak," katanya lagi.

Harapannya, kekebalan tubuh (herd immunity) terhadap virus Corona dapat terbentuk sempurna untuk seluruh anak atau pelajar di daerah ini, baik di usia 6 hingga 11 tahun maupun 12 hingga 18 tahun.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022