Pemerintah Provinsi Gorontalo mencatatkan persentase capaian target pendapatan daerah tertinggi se-Indonesia tahun 2021.

Kepala Badan Keuangan Provinsi Gorontalo, Danial Ibrahim, Rabu, menjelaskan, Kemendagri mencatat bahwa Provinsi Gorontalo menjadi daerah dengan realisasi pendapatan tertinggi yakni sebesar 104.60 persen.

Dari target pendapatan sebesar Rp1,88 triliun, pemprov berhasil meraih pendapatan sebesar Rp1,96 triliun.

“Memang kalau dilihat angka, Provinsi Gorontalo menjadi yang terkecil dari semua daerah. Sumber daya alam dan kondisi ekonomi makro kita sangat terbatas. Meski begitu, persentase ini menunjukkan kinerja kita untuk memaksimalkan pendapatan sangat baik,” kata Danial  pada rapat koordinasi dan evaluasi penyerapan anggaran 2021 dan pelaksanaan APBD 2022 yang digelar secara daring, Rabu.

Menurutnya ada tiga komponen utama untuk mengukur sektor pendapatan yakni pendapatan asli daerah (PAD), pendapatan transfer, serta lain-lain pendapatan yang sah.

PAD menjadi penyumbang tertinggi realisasi pendapatan Gorontalo dari target Rp400 miliar menjadi Rp509 miliar, atau naik 127,13 persen.

Menurutnya PAD mampu mengimbangi dana transfer yang cenderung turun.

Dana transfer pemerintah pusat – dana perimbangan misalnya yang ditargetkan sebesar Rp1,435 triliun, hanya terealisasi Rp1,416 triliun.

Dana bagi hasil naik dari Rp19,5 miliar menjadi Rp25,6 miliar.

“Dari aspek lain-lain pendapatan yang sah juga agak turun, dari target Rp5,3 miliar hanya terealisasi Rp2,4 miliar,” katanya.

Danial mengungkapkan upaya untuk menggenjot PAD, salah satunya memaksimalkan pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor.

Caranya yakni dengan mengembangkan sistem aplikasi daring, yang memudahkan warga melakukan pembayaran serta terhindar dari rumitnya layanan birokrasi.

“Kita maksimalkan teknologi untuk pelayanan. Kita juga intens menggelar razia kendaraan bersama Ditlantas Polda, memberikan informasi jatuh tempo melalui nomor Whatsapp, termasuk dengan layanan Samsat keliling di sejumlah titik,” katanya.

Pada setiap perayaan hari penting misalnya HUT provinsi, Pemprov Gorontalo juga memberlakukan kebijakan insentif bebas denda pajak dan bebas biaya bea balik nama kendaraan bermotor.

Ada juga layanan Samsat delivery, Samsat Drive Thru, dan Warkop Samsat yang tujuannya mendekatkan dan memudahkan para wajib pajak.

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022