Gorontalo, (ANTARAGORONTALO) - Sejumlah anggota panitia pemekaran Kabupaten Panipi dan Kabupaten Boliyohuto menemui anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Hanna Hasanah di Jakarta, untuk meminta membantu percepatan pembentukan dua daerah otonom tersebut di Provinsi Gorontalo.

"Kami tahu ibu Hanna Hasanah memiliki hubungan baik dengan Kementeria Dalam Negeri (Kemendagri), sehingga peran ini sangat kami harapkan," kata anggota panitia pemekaran Kabupaten Panipi Yakop Mohammad belum lama ini.

Yakob Mohammad yang mewakili wilayah Panipi serta Purnomo yang mewakili panitia pemekaran Kabupaten Boliyohuto, melakukan pertemuan dengan istri dari mantan Gubernur Gorontalo, Fadel Muhammad di rumah pribadinya di Kuningan, Jakarta pada 20 Oktober 2015.

"Sebelum kami bertemu ibu Hanna Hasanah, kami juga sudah ke kemendagri dan kami menerima informasi di kementerian itu bahwa ibu Hanna sangat aktif mencari informasi aktual terkait pembentukan daerah otonom baru seperti Panipi dan Boliyohuto," ungkap Yakob.

Dia juga meminta agar Hanna memberikan perhatian khusus dengan mendorong Komite I DPD dan Komisi II DPR mempercepat proses pembentukan RPP oleh pemerintah.

Senada dengan Yakob, Purnomo meminta kepada senator yang mewakili Provinsi Gorontalo itu, untuk memperjuangankan nasib Boliyohuto yang sudah lama terkatung-katung.

"Padahal sudah beberapa kali dikunjungi dan dinyatakan layak oleh DPD dan DPR," ujarnya.

Pada pertemuan itu, Hanna menyampaikan kesanggupan untuk membantu pembentukan dua kabupaten tersebut ke kementerian terkait, sehingga prosesnya berjalan cepat.

"Saya berharap RPP dari pemerintah segera selesai. Agar pada waktu dekat ini DPD dapat memproses 65 daerah otonom baru yang sudah lama disetujui oleh DPD RI," tutup Hanna. 

Pewarta: Farid Dihuma

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015