Pemerintah Provinsi Gorontalo telah membangun asrama khusus untuk mahasiswa di jalan Semolowaru Sel IX nomor 5 Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Jumat, mengatakan dana pembangunan asrama itu sebesar Rp743,5 juta melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Gorontalo.

Asrama dengan fasilitas 10 kamar tidur, ruang tamu, dan tempat parkir kendaraan itu telah diresmikan pada Kamis (20/1) oleh gubernur.

Himpunan Mahasiswa Pelajar Indonesia Gorontalo (HPMIG) di Surabaya akan mengelola asrama, khusus warga Gorontalo itu.

Sebelumnya,  gubernur berharap mahasiswa lebih nyaman dan fokus dalam menyelesaikan studi, dengan tersedianya tempat tinggal tersebut.

“Sebaiknya yang tinggal di sini diprioritaskan mahasiswa yang kurang mampu ya. Silahkan dimanfaatkan dengan maksimal dan dijaga dengan baik,” ujarnya.

Menurutnya pembangunan asrama tersebut merupakan upaya Pemprov Gorontalo, untuk meningkatkan pengembangan sumber daya manusia daerah.

“Saya bersyukur sekali telah banyak asrama Gorontalo yang kita bangun di sejumlah daerah, untuk memfasilitasi para mahasiswa yang sedang menuntut ilmu,” kata dia.

Ia juga meminta mahasiswa Gorontalo yang menempuh pendidikan di daerah lain, untuk hidup rukun dan berdampingan dengan penduduk asli maupun pendatang di daerah tersebut.

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022