Rektor Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Hadi Prabowo, menganugerahkan Tanda Kehormatan Kartika Pamong Praja kepada Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Selasa.

Penghargaan tersebut diberikan atas kepemimpinan Rusli yang dinilai baik, serta pendayagunaan alumni pendidikan tinggi kepamongprajaan.

Pemberian anugerah tanda kehormatan diberikan langsung pada apel pagi di Kampus IPDN Jatinangor, Jawa Barat.

Rusli mengaku penghargaan itu menjadi sebuah kehormatan dan kenangan yang tidak akan pernah dilupakan. 

Menurutnya IPDN dikenal sebagai salah satu kampus yang selalu melahirkan alumni-alumni, yang dipersiapkan untuk melanjutkan penerus kepemimpinan di masa depan.

“Sungguh menjadi kehormatan dan kenangan abadi pada saya momentum hari ini pak Rektor. Saya untuk kedua kalinya ke kampus ini, pertama masih jadi Bupati Gorontalo Utara, kali ini gubernur dan menerima anugerah kehormatan ini. Alumni IPDN di Gorontalo alhamdulillah mampu bersaing. Saya dua periode jadi gubernur, didampingi pak Idris Rahim yang juga alumni IPDN,” kata Rusli.

Ia mengaku sangat memberi perhatian pada alumni IPDN di Gorontalo. 

Hal ini, lanjutnya, dilakukan dengan mempromosikan alumni IPDN untuk jadi pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

“Saat ini yang membantu saya di provinsi kurang lebih ada 10 orang kepala dinas alumni IPDN, selain itu pula ada yang menduduki eselon tiga dan empat. Begitupula di kabupaten/kota. Lurah camat banyak IPDN. Karena kita percaya bahwa alumni IPDN mampu bersaing dan mampu memegang amanah yang dipercayakan,” tambahnya.

Sementara itu Rektor Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Dr Hadi Prabowo, mengatakan penganugerahan tersebut sebagai bentuk terimakasih atas perhatian gubernur Gorontalo dalam memberdayakan alumni IPDN. 

"Kami lihat bapak gubernur sangat memperhatikan alumni IPDN. Artinya bapak telah memberikan kesempatan kepada alumni kami, untuk turut ikut membangun melalui pemerintahan daerah di Gorontalo,” kata Hadi.

Ia berharap kerja sama dan kolaborasi antara IPDN dan pemprov Gorontalo terus berlanjut.

Kehadiran gubernur turut didampingi para alumni IPDN yang saat ini juga menjabat sebagai pimpinan OPD di Pemprov Gorontalo.

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022