Dermaga kapal di Pelabuhan Perikanan Ikan (PPI) Tilamuta, Kabupaten Boalemo, yang dibangun dari dana Pemerintah Provinsi Gorontalo, selesai dibangun.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie didampingi sejumlah unsur forkopimda meninjau hasil pekerjaan dermaga tersebut, Senin.

Gubernur mengaku puas dengan pekerjaan dermaga sepanjang lebih kurang 60 meter dan dana Rp1,2 miliar itu, karena tepat waktu dan kualitasnya baik.

"Alhamdulillah, pekerjaannya tepat waktu, hasilnya cukup bagus. Mudah-mudahan bisa dimanfaatkan dengan maksimal oleh nelayan," kata Rusli.

Pada 2021, PPI Tilamuta mendapat kucuran dana untuk perbaikan fasilitasnya.

Selain pekerjaan dermaga, ada juga fasilitas air bersih Rp142,5 juta, rehabilitasi tempat pemasaran ikan Rp408,7 juta serta jaringan dan instalasi listrik Rp731,5 juta.

Semua dana pembangunan tersebut berasal dari dana alokasi khusus (DAK) Provinsi Gorontalo.

"Saya berharap ke depan nelayan memiliki pendapatan yang cukup bagus, sehingga mereka harus didukung dengan memperhatikan fasilitas pelabuhan perikanan," katanya.

Menurutnya, sektor kelautan dan perikanan sejauh ini masih menjadi salah satu program andalan pemerintah provinsi untuk menggerakkan ekonomi warga.

Berbagai bantuan telah dan terus dikucurkan di antaranya bantuan perahu kapasitas 3 GT dengan mesin 15 PK, serta bantuan sepeda motor yang dilengkapi kotak pendingin untuk penjual ikan keliling.

Ada juga program gemar makan ikan, dengan memberikan bantuan ikan gratis kepada anak-anak panti asuhan.

"Setiap anak mendapat jatah ikan gratis satu kilogram setiap bulan untuk mendukung asupan gizi mereka dan memberdayakan hasil perikanan dari nelayan," tambahnya.

Pewarta: Debby H Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022