Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Provinsi Gorontalo bersama dengan pemerintah provinsi (pemprov) setempat menyelenggarakan kegiatan Gebyar UMKM Gorontalo 2022 dengan tema “UMKM Maju Gorontalo Melaju” di Citimall Kota Gorontalo. 

Kegiatan tersebut fokus pada produk UMKM unggulan, sosialisasi Scan QRIS via Mobile Banking (SIMBA), Bagi-bagi Doorprize QRIS Semesteran (BARISTA), penyediaan layanan perizinan dan sertifikasi, pusat informasi akses pembiayaan dan 'business matching' UMKM dengan perbankan. 

Gebyar UMKM Gorontalo 2022 merupakan bagian dari rangkaian kegiatan serentak di seluruh Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Kawasan Timur Indonesia dalam rangka mendukung penyelenggaraan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata Indonesia (GBBI-BWI) yang dilaksanakan di Sulawesi Selatan.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo, Rony Widijarto Purubaskoro di Gorontalo, Minggu, mengatakan kegiatan itu juga mendukung Presidensi G20 Indonesia pada tahun 2022 yang mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bahu-membahu saling mendukung untuk pulih bersama serta tumbuh lebih kuat dan berkelanjutan. 

"Kebangkitan UMKM di dalam negeri ini sekaligus merefleksikan kuatnya pemulihan ekonomi Indonesia," ujarnya.

Ia menjelaskan, kegiatan Gebyar UMKM Gorontalo 2022 juga semakin menyadarkan kita semua bahwa terdapat banyak potensi lokal yang bisa didorong bersama. 

Terutama berbagai brand lokal yang potensial yang memiliki kualitas baik, popular, dan memiliki pangsa pasar yang luas. Oleh karena itu, Bank Indonesia terus berkomitmen untuk terus mengakselerasi naik kelas bagi para UMKM di Provinsi Gorontalo. 

Rony melanjutkan, tidak hanya soal akselerasi naik kelas pada UMKM, Bank Indonesia berkomitmen dalam mengakselerasi pembentukan ekosistem ekonomi dan keuangan digital melalui penggunaan kanal QRIS sebagai media transaksi nontunai masyarakat.

Seperti program SIMBA dan BARISTA pada iven ini. SIMBA merupakan bentuk ekspansi penggunaan QRIS pada sektor keuangan dengan cara menggandeng Penyelenggara Jasa Pembayaran (PJP) perbankan untuk melakukan sosialisasi/edukasi kepada masyarakat Provinsi Gorontalo.

Khususnya nasabah perbankan dalam memanfaatkan kanal pembayaran QRIS melalui aplikasi mobile banking. Selanjutnya, BARISTA merupakan bentuk intensifikasi ekosistem QRIS yang menyasar dua sisi secara sekaligus.

Yaitu merchant dan pengguna QRIS pada tiga kategori usaha, yaitu UMKM, retail, serta food and beverages. Diharapkan dengan berjalannya program itu, pemahaman merchant terkait pembayaran digital khususnya QRIS akan lebih tinggi dan juga meningkatkan awareness masyarakat umum terhadap QRIS. Sehingga, akan mengakselerasi pembentukan ekosistem ekonomi dan keuangan digital di Provinsi Gorontalo”.

Kegiatan dibuka oleh Ketua Dekranasda Provinsi dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo dan selama dua hari berturut-turut dimeriahkan oleh kehadiran Forkompimda, pejabat dinas, OPD, lembaga vertikal, perbankan, Penyelenggara Jasa Pembayaran, Organisasi, Asosiasi Bisnis, UMKM dan masyarakat Gorontalo.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022