Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, mendukung percepatan cakupan vaksinasi COVID-19 di daerah itu yang terus diupayakan pemerintah daerah bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

"Alhamdulillah, pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di daerah ini terus dilakukan dan semakin terfokus di desa-desa, termasuk Kepolisian Resor (Polres) yang sukses menggelar gebyar vaksinasi di dua titik, yakni di Desa Monano, Kecamatan Monano dan Desa Buladu, Kecamatan Sumalata Timur," kata Wakil Ketua DPRD Gorontalo Utara Hamzah Sidik di Gorontalo, Jumat.

Menurutnya, gebyar vaksinasi efektif dalam meningkatkan cakupan, apalagi Kapolres Gorontalo Utara menghadiahi masyarakat yang mau divaksin dengan minyak goreng.



"Ini bentuk motivasi yang sangat baik dan efektif. Gerakan ini patut diapresiasi dan DPRD memberi dukungan penuh," katanya.

Ia memberi dukungan terhadap kinerja Dinas Kesehatan setempat, khususnya para tenaga kesehatan di Puskesmas yang selalu siap mendukung pelaksanaan gebyar vaksinasi COVID-19.

DPRD dan Forkopimda, katanya, akan terus mengajak seluruh masyarakat sasaran agar mau divaksin atau datang dengan sukarela di gerai vaksinasi di desa-desa maupun Puskesmas terdekat.

Senada Hamzah Sidik, Kapolres Gorontalo Utara AKBP Juprisan Pratama Ramadhan Nasution mengaku pihaknya akan terus menggelar gebyar vaksinasi yang dipusatkan di desa-desa demi mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Saya berharap masyarakat yang belum divaksin agar segera vaksinasi untuk kebaikan bersama. Jangan percaya berita bohong atau hoaks yang menyesatkan. Jangan pula mau dibodohi dengan informasi sesat," katanya.

Ia mengaku telah tiga kali disuntik vaksin COVID-19 dan dalam kondisi aman, juga sehat. "Kita berharap seluruh masyarakat sasaran di daerah ini dengan kesadaran sendiri untuk segera divaksin agar daerah ini menjadi tercepat di Provinsi Gorontalo dalam membentuk kekebalan kelompok," ucapnya.



Data Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Kabupaten Gorontalo Utara, masyarakat sasaran vaksinasi di daerah itu mencapai 112.941 terdiri atas 99.908 sasaran masyarakat umum dan 13.033 anak-anak.

Vaksinasi COVID-19 dosis pertama mencapai 87.282 atau 77,28 persen, dosis kedua mencapai 62.590 sasaran atau 55,42 persen dan dosis tiga (penguat) mencapai 4.934 sasaran atau 4,94 persen.

Untuk anak-anak, dosis pertama mencapai 7.158 sasaran atau 54,92 persen dan dosis kedua 3.340 atau 25,63 persen.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022