Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango, Provinsi Gorontalo terus berupaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), dengan memanfaatkan semua potensi yang ada.

Wakil Bupati Bone Bolango, Merlan Uloli, Jumat, mengatakan jika pihaknya telah melakukan rapat bersama dengan DPRD setempat guna pembentukan dan penyusunan Peraturan Daerah (Perda) Pajak dan Retribusi.

Menurutnya, Perda pajak daerah dan retribusi menjadi fokus Pemkab Bone Bolango di tengah keterbatasan anggaran yang berasal dari pemerintah pusat. 

"Dengan dimulainya pembentukan Perda ini, saya berharap ini akan menjadi pondasi dan rumah untuk kita terus naikkan PAD, dan yang bisa melakukan semua itu hanya kita," ucap Merlan di Gorontalo.

Wakil Bupati yang juga penanggungjawab peningkatan PAD di Kabupaten Bone Bolango itu berharap, dengan kolaborasi antara pemkab dan DPRD dapat menghasilkan langkah yang luar biasa dalam menjawab rendahnya capaian PAD di daerah itu.

Salah satu sektor yang dibahas dalam rapat tersebut kata Merlan, yaitu potensi pertambangan dan batu hitam yang sedang ramai dibicarakan di daerah itu.

Sebelum pembahasan Perda, Pemkab Bone Bolango telah berupaya meningkatkan PAD melalui penarikan retribusi di sejumlah objek wisata.

Objek wisata yang segera menerapkan retribusi masuk yaitu Wisata Hiu Paus Botubarani, Pantai Botutonuo, Pantai Molotabu, dan Olele. 
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022