Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Kepolisian Daerah (Polda) Gorontalo akan menyebar seluruh personilnya untuk melakukan pengamanan di tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada pilkada 9 Desember 2015.

Pilkada serentak tahun 2015 di Provinsi Gorontalo akan dilaksanakan di Kabupaten Gorontalo, Bone Bolango dan Pohuwato.

Menurut Kapolda Gorontalo, Brigjen Pol Hengkie Kaluara, bahwa TPS telah disiapkan personil pengamanan dari Polres wilayah dan dibantu dengan kekuatan Polda.

Personil Polda tersebut selain membantu pengamanan di TPS, juga diarahkan ke pengamanan kantor-kantor Pemerintahan, kantor KPU, Panwaslu dan tempat strategis lainnya.

Polda Gorontalo sudah melakukan koordinasi dengan jajaran Polres di masing-masing wilayah yang melaksanakan Pilkada, di mana saat ini telah menempatkan personil untuk menjaga kantor KPUD, kantor Panwaslu, serta kantor Pemerintahan dalam rangka mengantisipasi gangguang Kantibmas.

"Terlebih pengamanan dan penjagaan logistik surat suara yang telah berada di masing-masing kantor KPU, untuk proses penyortiran dan pelipatan," ujar Kapolda Gorontalo yang memantau juga di Kabupaten Bone Bolango pekan kemarin..

Kapolda mengakui akan menurunkan sebanyak dua pertiga kekuatan personilnya untuk mengamankan jalannya Pilkada di tiga kabupaten itu hingga selesai.

Kapolda menambahkan bahwa, untuk pengamanan pelaksanaan Pilkada 2015, Polda Gorontalo sudah memetakan wilayah-wilayah yang rawan, baik dari segi pengamanan logistik, hingga pengamanan saat hari H pemungutan suara.

Hal ini dilakukan demi suksesnya pelaksanan Pilkada di Gorontalo, sebab dalam arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemantapan Pelaksanaan Pilkada Serentak 2015 belum lama ini, Presiden meminta aparat keamanan agar siap siaga mengantisipasi setiap potensi kerawanan selama pelaksanaan Pilkada Serentak 2015.

"Presiden meminta kepada semua aparat keamanan untuk memetakan wilayah rawan konflik dan melakukan langkah antisipasi sehingga potensi kerawanan bisa dicegah," ungkapnya lagi.

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015