Deputi Gubernur Bank Indonesia, Aida S. Budiman berharap sinergi dan kolaborasi Pemerintah Provinsi Gorontalo dengan Bank Indonesia tetap terjalin dengan baik untuk kemajuan perekonomian daerah.

Hal tersebut diungkapkan Aida pada pengukuhan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Gorontalo, Rony Widijarto Purubaskoro di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Rabu.

Ia menginginkan keberadaan Bank Indonesia di daerah dapat memberikan pengaruh positif yang lebih baik demi kemajuan perekonomian daerah yang pada akhirnya akan mendorong kesejahteraan masyarakat Gorontalo.

Aida menyampaikan gambaran mengenai perekonomian global, domestik, respon kebijakan dari Bank Indonesia dan kemudian hubungannya dengan perekonomian daerah dan menyorot optimisme pemulihan ekonomi global maupun domestik yang diperkirakan terus berlanjut.

Meski di tengah-tengah perkembangan terkini sehubungan dengan meningkatnya ketegangan geopolitik antara Rusia dan Ukraina.

Menurutnya, dalam rangka memastikan momentum pemulihan ekonomi yang terus berlangsung dan stabilitas yang terjaga, maka Bank Indonesia bersama dengan Pemerintah melanjutkan bauran kebijakan dan sinergi yang erat.

Pada tahun 2022, Bank Indonesia mempersiapkan strategi bauran kebijakan dengan mengoptimalkan sejumlah instrumen, yang pertama adalah instrumen kebijakan moneter yang akan lebih diarahkan untuk menjaga stabilitas.

Selanjutnya, empat kebijakan lainnya diarahkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, yaitu kebijakan makroprudensial, sistem pembayaran, pendalaman pasar uang, serta ekonomi-keuangan inklusif dan hijau.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Gubernur Gorontalo, Idris Rahim menyampaikan apresiasi kepada Bank Indonesia yang telah menunjukkan kinerja terbaiknya, serta upaya sinergi dan kolaborasi yang telah dilakukan dengan kami sepanjang tahun 2021 dan tahun 2022.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022