Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, mendorong pemerintah daerah dalam melakukan optimalisasi pengelolaan sumber daya alam menjadi sumber penerimaan baru bagi pemda.

Hal itu dikatakan Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo Utara, Deisy Sandra Maryana Datau, di Gorontalo, Rabu.

Menurutnya, kabupaten satu-satunya di wilayah utara Provinsi Gorontalo tersebut menjadi daerah paling strategis karena berhadapan langsung dengan negara-negara maju.

Sehingga memposisikan kabupaten di wilayah pesisir itu sebagai pintu masuk akses perdagangan internasional.

Apalagi secara geografis, daerah ini, kata Deisy, memiliki 52 pulau, 2 di antaranya pulau berpenghuni. Dengan garis pantai sepanjang 317 kilometer memanjang dari wilayah timur Atinggola ke barat Tolinggula di sisi samudera pasifik.

Oleh karenanya, DPRD berharap, dukungan dan sinergi yang kuat dengan pemerintah daerah dan masyarakat akan mengoptimalkan pembangunan untuk kemajuan dan mencapai kesejahteraan secara merata melalui pengelolaan sumber daya alam yang lebih optimal melibatkan warga secara aktif.

Ditambah keunggulan potensi kelautan tak terhingga, serta kekayaan destinasi wisata bahari mengandalkan pulau-pulau cantik yang dimiliki, seperti Pulau Saronde, Huha, Diyonumo, Mohinggito, Tolinggula, Dokokayu, Popaya.

Juga keindahan pantai Minanga di Atinggola, Monano di Kecamatan Monano, Botudidingga di Desa Dambalo Kecamatan Tomilito dan Hutokalo di Kecamatan Sumalata Timur, diharapkan potensi-potensi tersebut mampu dikelola maksimal.

Agar mewujudkan kemajuan daerah, kesejahteraan masyarakat, penurunan angka kemiskinan dan pengangguran serta memenuhi proyeksi capaian di bidang pendidikan dan kesehatan yang hingga kini belum mencapai target.

Oleh karenanya, kata Deisy, untuk menunjang kinerja pemerintah daerah, DPRD sebagai unsur penyelenggara pemerintahan akan menjalankan tugas, kewajiban dan fungsi terus bersinergi dan mendorong pelaksanaan pembangunan khususnya pengelolaan sumber daya alam yang dimiliki.

"Kita berharap agar seluruh elemen di daerah ini dapat terus sejalan, semangat, bersatu meraih kemajuan dan kesejahteraan," katanya menambahkan. ***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022