Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Kabupaten Bone Bolango mendapatkan alokasi tambahan dana Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya Berbasis Komunitas (BSPS-BK) di akhir tahun anggaran 2015, senilai Rp13,8 miliar untuk 889 unit rumah Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Asisten I bidang Pemerintahan Kabupaten Bone Bolango, Djamaludin Wartabone, Jumat mengatakan, program BSPS-BK merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah terhadap masalah perumahan, khususnya rumah masyarakat miskin dan kurang mampu.

Apalagi sebagian besar masyarakat miskin kebanyakan tinggal di rumah yang kurang layak huni.

Begitu banyak bantuan-bantuan yang mengalir ke Kabupaten Bone Bolango dan untuk penerima program BSPS-BK ini, Kabupaten Bone Bolango merupakan urutan nomor 2 se Sulawesi.

"Semoga program BSPS-BK ini tetap mengalir ke daerah kita, karena perumahan kebutuhan dasar setiap manusia," tambahnya.

Kepala Kantor Perumahan dan Pengembangan Kawasan (KPPK) Bone Bolango Roswaty Agus menjelaskan tujuan program BSPS adalah bagaimana meningkatkan kualitas rumah masyarakat miskin dan kurang mampu secara swadaya.

Dalam hal ini pemerintah memberikan bantuan stimulan dan masyarakat secara bergotong royong melaksanakan pembangunan rumah yang akan dibenahi.

Di akhir tahun 2015 Kabupaten Bone Bolango menerima tambahan BSPS-BK dari Kemenpupera RI sebanyak 889 unit yang tersebar di 6 kecamatan dan 25 desa/kelurahan, yakni untukKecamatan Bulawa 64 unit, Kabila 168 unit, Suwawa 346 unit, Suwawa Tengah 180 unit, Suwawa Selatan 87 unit dan Kecamatan Botupingge sebanyak 43 unit.

Dari 889 unit rumah sasaran terdiri dari 457 unit penerima Rp20 juta/unit dengan anggaran Rp9,1 miliar, 83 unit penerima Rp15 juta/unit dengan anggaran Rp1,2 miliar dan 349 unit Rp10 juta dengan anggaran Rp3,4 miliar, sehingga total menjadi Rp13,8 miliar.

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015