Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO)- Provinsi Gorontalo berhasil meloloskan empat atlet Pencak Silat untuk berlaga pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX tahun 2016 yang akan berlangsung di Jawa Barat.

Manager Tim Pencak Silat Gorontalo Irwan Hunawa, Senin, mengatakan pada ajang prakualifikasi yang dilaksanakan akhir pekan lalu di Kota Gorontalo, atlet pencak silat Provinsi Gorontalo memperlihatkan prestasi yang gemilang.

"Untuk kali pertama Gorontalo bisa meloloskan empat atlet keajang nasional," kata Irwan namun tidak merinci secara detail nomor-nomor yang lolos serta atletnya.

Dia menjelaskan, pada ajang prakualifikasi tersebut atlet Gorontalo mampu bersaing dengan peserta dari Sulawesi Utara, Maluku, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tengara bahkan tim yang paling di perhitungkan yakni Sulawesi Selatan.

"Kita harus mengapresiasi perjuangan atlet Gorontalo yang meskipun memiliki pengalaman sedikit tapi mampu lolos ke PON," Kata Irwan.

Dia menjelaskan, pada ajang prakualifikasi yang dilaksanakan di GOR Nani Wartabone Kota Gorontalo pekan lalu tersebut, tim Gorontalo tidak menyangka bisa meloloskan empat orang atlet sekaligus, sehingga prestasi ini sangat membanggakan.

Menurut dia, faktor lolosnya atlet Gorontalo bukan karena sebagai tuan rumah penyelenggara kualifikasi, namun ini berkat kerja keras semua tim, baik atlet, official serta dukungan dari KONI dan Pemerintah Gorontalo.

"Kami sangat bersyukur dengan adanya dukungan dari induk organisasi serta pemerintah daerah dan KONI Gorontalo," kata Irwan.

Dia mengungkapkan, setelah selesai melaksanakan kualifikasi PON, saat ini tim akan fokus pada peningkatan latihan pada atlet terutama yang lolos, sehingga nantinya bisa meraih prestasi terbaik pada ajang nasional nanti.

"Insya Allah atlet Pencak Silat Provinsi Gorontalo pada ajang nasional di jawa Barat nanti bisa mempersembahkan medali," kata Irwan.

Pewarta: M.F Said

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015