Pakaian dinas milik Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dan Wakil Gubernur Idris Rahim akan dipajang di Museum Gorontalo.

Pakaian Dinas Upacara (PDU) yang dimuseumkan tersebut, diserahkan oleh gubernur pada apel pegawai, Senin.

"Saya serahkan pakaian dinas gubernur dan wakil gubernur ini kepada Pemerintah Provinsi Gorontalo, untuk keperluan museum,” kata Rusli saat menyerahkan kepada Kadis Dikbudpora Gorontalo Wahyudin Katili.

Pakaian dinas yang dimuseumkan merupakan pakaian dinas berwarna putih yang digunakan Rusli dan Idris pada upacara pelantikan dan upacara 17 Agustus.

Pakaian tersebut lengkap dengan topi, tanda pangkat, tanda jabatan, brevet anggota kehormatan TNI, dan tanda penghargaan lainnya.

Kepala Dinas Dikbudpora Wahyudin Katili selaku instansi teknis pengelola UPTD Museum Gorontalo menjelaskan, memuseumkan pakaian dinas merupakan tradisi baru di pemerintah provinsi.

Tujuannya, kata dia, pakaian dinas gubernur dan wakil gubernur itu dapat menjadi kenangan bagi masyarakat pada puluhan tahun mendatang.

“Bukti-bukti sejarah itu menjadi penting, salah satunya melalui pakaian dinas. Kami pernah punya pengalaman saat pembentukan Provinsi Gorontalo tidak sempat terdokumentasikan dengan baik. Momen seperti ini menjadi penting dan alhamdulillah Pak Rusli dan Pak Idris mau menyerahkan pakaian dinas untuk menjadi koleksi museum,” kata Wahyudin.

Menurutnya Rusli – Idris merupakan sosok pemimpin yang berjasa bagi pembangunan Gorontalo, yang diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi generasi berikutnya.

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022