Gorontalo, (ANTARAGORONTALO) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato akan mendistribusikan seluruh logistik pilkada 2015 ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada H-3, yaitu tanggal 6 Desember 2015.

Anggota KPU Pohuwato Rinto Ali, mengatakan, pihaknya telah merampungkan penyortiran dan pelipatan semua logistik, baik itu formulir maupun surat suara yang nantinya akan digunakan pada Pilkada 9 Desember 2015.

"Semua logistik seperti kotak suara, bilik suara, tinta, alat coblos dan lainnya saat ini sudah siap, dan saat ini masih berada di kantor KPU serta dijaga ketat oleh petugas kepolisian dan petugas sekretariat KPU," kata Rinto.

Rinto menjelaskan bahwa teknis pendistribusian nanti, KPU akan mendistribusikan ke PPK pada tanggal 6-7 Desember, dan pendistribusian ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) melalui PPS nanti pada tanggal 8 Desember 2015.

Ia menambahkan, jumlah surat suara yang telah disiapkan oleh KPU Pohuwato yaitu sebanyak 98.839 Lembar surat suara sudah termasuk didalamnya cadangan surat suara, di mana Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang telah terdata sebanyak 96.317 Pemilih.

"Adapun jumlah TPS di Kabupaten Pohuwato sebanyak 228 unit yang tersebar di 13 Kecamatan," ungkapnya.

Dari 96.317 pemilih di Kabupaten Pohuwato, sedikitnya ada 3.091 Pemilih pemula atau sekitar 3,21 persen dan sekitar 141 Jiwa pemilih Difabel atau yang berkebutuhan khusus.

Untuk wilayah terpencil seperti desa terapung yaitu Desa Torsiaje, KPU tetap akan mendistribusikan logistik sesuai jadwal, meskipun dalam pedistribusianya akan menggunakan perahu nelayan, sebab jaraknya yang tidak terlalu jauh, yang hanya memakan waktu sekitar 10 menit untuk tiba di tempat tersebut.  

Pewarta: Farid Dihuma

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015