Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, berharap masyarakat peternak memanfaatkan keberadaan fasilitas pusat kesehatan hewan (puskeswan) di daerah itu.

"Apalagi dalam upaya mencegah penularan virus penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak yang marak saat ini. Jika peternak menemukan gejala tersebut agar segera melapor ke puskeswan terdekat," kata Anggota Komisi II DPRD Gorontalo Utara, Gustam Ismail, di Gorontalo, Jumat (27/5).

Ia berharap pemerintah daerah khususnya Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, terus mempromosikan keberadaan puskeswan di daerah itu.

Yaitu Puskeswan Kwandang di Desa Ombulodata, Puskeswan Tolinggula di Desa Molangga dan Puskeswan Atinggola di Desa Kota Jin Utara.

"Alhamdulillah tiga puskeswan tersebut memiliki dokter hewan sehingga masyarakat peternak dapat memanfaatkan keberadaan fasilitas yang disediakan," katanya.

DPRD juga mendorong pemerintah daerah segera meningkatkan jumlah puskeswan di daerah itu agar bisa berada lengkap di 11 kecamatan untuk memudahkan akses pelayanan.

Mengingat populasi ternak yang cukup beragam dan terus meningkat.

Khususnya ternak sapi yang juga disiapkan untuk memenuhi permintaan pasar antarpulau/provinsi di Nusantara.

Sehingga kesehatan ternak perlu mendapat perhatian serius dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah di sektor peternakan.
 
Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Gorontalo Utara, melakukan pemeriksaan ternak sapi cegah penularan virus PMK. (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022