Athena, (ANTARA/Reuters) - Dua tim elit Liga Inggris, Arsenal dan Chelsea akhirnya lolos dari "lubang Jarum" guna memastikan tiket ke 16 besar Liga Champions setelah mengalahkan lawan-lawan mereka, Kamis dinihari WIB.

Olivier Giroud mengukir tiga gol ketika Arsenal menang 3-0 atas Olympiakos Piraeus untuk memastikan tiket ke 16 besar Liga Champions, padahal klub Yunani itu hanya membutuhkan hasil imbang, namun menerima kenyataan kalah di kandang sendiri dari Arsenal.

Dengan Arsenal memerlukan kemenangan meyakinkan untuk dapat lolos dari Grup F, penyerang Prancis Giroud tampil sangat baik saat melakukan penyelesaian untuk memastikan klub Inggris itu menghuni peringkat kedua, selevel sembilan angka dengan Olympiakos, namun memiliki rekor head-to-head yang lebih baik.

Giroud membuka keunggulan timnya dengan tandukan keras pada babak pertama, menggandakan keunggulan Arsenal melalui sepakan kaki kiri tidak lama babak kedua bergulir, dan menutup pesta golnya dengan eksekusi penalti.

Kemenangan ini melengkapi berputarnya peruntungan Arsenal, yang menelan tiga kekalahan dari empat pertandingan pertamanya di Liga Champions musim ini dan memerlukan kemenangan atau hasil selain 1-0 atau 2-1 pada pertandingan penentuan di fase grup untuk finis di peringkat kedua, di bawah juara grup Bayern Munich.

Chelsea asuhan Jose Mourinho dapat melupakan keterpurukan mereka di kancah domestik  dengan menaklukkan bekas klub asuhannya Porto dengan skor 2-0 untuk memuncaki klasemen Grup G Liga Champions.

Gol bunuh diri pada menit ke-12 yang dibukukan Ivan Marcano di bawah tekanan dari Diego Costa dan gol dari pemain sayap asal Brazil Willian di babak kedua memastikan kemenangan bagi sang juara bertahan Liga Utama Inggris, sekaligus mengirim Porto ke Liga Europa.

Chelsea, yang disaksikan oleh pemiliknya Roman Abramovich, terlihat sebagai tim yang berbeda dari tim yang terpuruk dengan delapan kekalahan dari 15 pertandingan liga domestik, termasuk empat kekalahan di kandang sendiri.

Hasil ini sedikit mengangkat tekanan terhadap Mourinho setelah terdapat spekulasi bahwa sang pelatih, yang memenangi Liga Champions bersama Porto dan Inter Milan, berpeluang kehilangan pekerjaannya jika Chelsea gagal lolos ke fase gugur.

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015