Staf Khusus Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Bidang Media dan Komunikasi, Milton Hasibuan meninjau sejumlah Unit Pelaksana Teknis Kanwil Kemenkumham Gorontalo di kabupaten dan kota di Provinsi Gorontalo, Kamis.

Dalam kunjungannya, Milton melakukan pemantauan dalam rangka pembinaan pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) di Kantor Imigrasi Kelas I Gorontalo, Lapas Kelas IIA Gorontalo dan Lapas Perempuan Kelas III Gorontalo.

Di Kantor Imigrasi Kelas I Gorontalo, Staf Khusus Menkumham, diterima Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Gorontalo dan jajaran dan meninjau langsung ruang layanan publik WNI dan WNA, ruang Detensi Imigrasi, ruang kerja pegawai, serta sarana dan prasarana penunjang pelayanan lainnya.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan oleh Kepala Kantor Imigrasi Gorontalo dan pemutaran video profil kantor, yang menjelaskan upaya Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat. 

Setelah melakukan pemantauan di Kantor Imigrasi Kelas I Gorontalo, Staf Khusus Menkumham melanjutkan kunjungannya ke Lapas Kelas IIA Gorontalo dan diterima Plh. Kepala Lapas Cahya Rediantana dan jajaran. 

Setelah tiba di Lapas Gorontalo, Staf Khusus Menkumham memantau fasilitas dan ruang pelayanan publik, beberapa inovasi WBP, mengunjungi ruang kegiatan kerja dan ruang rawat inap/poliklinik.  

Kunjungan terakhir di Lapas Perempuan Kelas III Gorontalo dan diterima oleh Plt. Kepala LPP Guyub Sudarmanto dan jajaran. Seperti pada dua UPT sebelumnya, staf khusus memantau fasilitas dan ruang pelayanan publik, beberapa inovasi WBP, mengunjungi ruang kegiatan kerja dan keadaan blok hunian. 

Di Lapas Perempuan, Milton sempat berbincang dengan beberapa WBP perempuan dan memberikan motivasi dan semangat dalam menjalani hari-hari masa pidana di dalam Lapas.  

Dalam kunjungannya ke UPT, Milton didampingi Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo, Heni Susila Wardoyo, Kadiv Keimigrasian, Andry Indrady, Kadiv Pemasyarakatan, Bagus Kurniawan dan Kadiv Yankumham, Hadiyanto.

Pada hari sebelumnya, Milton memberikan pembinaan reformasi birokrasi untuk pencapaian target kinerja dan pembangunan zona integritas di Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo

Milton Hasibuan menjelaskan, bahwa reformasi Birokrasi dilakukan untuk mencapai “Good Governance” yaitu pemerintahan yang bersih dari KKN dan akuntabel, birokrasi yang memiliki pelayanan publik yang berkualitas, serta birokrasi yang efektif, efisien dan berkinerja tinggi.

Ia menambahkan, tujuan reformasi birokrasi sendiri yaitu untuk menciptakan birokrasi pemerintah yang profesional dengan karakteristik, berintegritas, berkinerja tinggi, bebas dan bersih KKN, mampu melayani publik, netral, sejahtera, berdedikasi dan memegang teguh nilai-nilai dasar dan kode etik aparatur negara.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022