Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Provinsi Gorontalo menggelar promosi dan diseminasi Kekayaan Intelektual Komunal di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Kamis.

Kepala Divisi Pelayanan Hukum, Kanwil Kemenkumham Gorontalo, Hadiyanto pada kegiatan itu mengatakan kegiatan itu mengangkat tema 'Dengan Meningkatnya Pencatatan Kekayaan Intelektual Komunal Sebagai Bukti Pengakuan Kepemilikan Aset Daerah Provinsi Gorontalo'.

"Kekayaan intelektual komunal adalah kekayaan intelektual yang dimiliki oleh masyarakat umum bersifat komunal, dari hasil daya pikir masyarakat adat dan mampu bertahan dalam waktu yang sangat lama," ucap dia.

Selain itu Kekayaan intelektual komunal merupakan sebuah aset berharga yang dapat memajukan perekonomian suatu bangsa, yang meliputi ekspresi budaya tradisional, pengetahuan tradisional, indikasi geografis, indikasi asal dan sumber daya genetika.

Melalui kegiatan Promosi dan Diseminasi kekayaan intelektual komunal, diharapkan pemerintah daerah segera melakukan inventarisasi aset budaya Gorontalo untuk dilindungi dan dicatat agar tidak terjadi pemanfaatan KIK tanpa izin dan/atau pembagian keuntungan yang tidak adil bagi masyarakat. 

"Saya berharap setelah kegiatan ini, seluruh data dan informasi terkait kekayaan budaya Gorontalo dapat segera di inventarisir," harapnya.

Hadiyanto mengungkapkan, Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan sumber daya alam hayati dan non hayati yang berlimpah. Bahkan tidak jarang diantaranya memiliki keunikan atau kekhasan yang tidak ditemui di tempat lainnya.

Namun, tidak sebatas itu saja kata Hadiyanto, Indonesia juga memiliki keragaman budaya yang terus dipertahankan secara turun temurun dan menjadi identitas kelompoknya.  

Keragaman budaya merupakan buah dari ekspresi atas adat istiadat, nilai-nilai dari kepercayaan, moral, dan kebiasaan, serta pengetahuan dan keterampilan masyarakatnya dalam beradaptasi dengan lingkungan alamnya maupun dalam berinteraksi di kehidupan sosialnya. 

"Keragaman budaya ini selanjutnya tetap dipertahankan dan diwariskan kepada generasi selanjutnya dan menjadi identitas komunal," ucap Hadiyanto.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022