Manokwari (ANTARA GORONTALO) - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso saat bertemu masyarakat nelayan di Kampung Petrus Kayjen, Provinsi Papua, Kamis, mengatakan bahwa pemerintah sangat serius untuk membangun Tanah Papua.

"Pemerintah pusat sungguh-sungguh membangun Papua, dapat dilihat dari dana perimbangan yang besar," ujarnya.

Pemerintah pun, menurut dia, memberikan dana perimbangan kepada Papua dan Papua Barat cukup besar, serta terus membangun infrastruktur.

Mantan Panglima Daerah Komando Militer (Pangdam) Jaya itu menyebutkan, membangun Papua membutuhkan waktu panjang dan dana yang cukup besar sehingga harus dilakukan secara bertahap, serta di saat yang sama dilakukan pemerintah provinsi dan kabupaten setempat.

Menyangkut masih adanya warga Papua yang belum sejahtera, Sutiyoso menyatakan bahwa hal itu tak hanya terjadi di Papua dan Papua Barat karena juga masih terjadi di provinsi lain, termasuk di Pulau Jawa.

Oleh karena itu, mantan Gubernur Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta itu menyatakan, perlu kerja sama yang baik antara pemerintah pusat dan daerah, dalam membangun Papua, serta para kepala daerah melibatkan masyarakat dalam proses pembangunan.

"Pembangunan perlu keamanan. Papua Barat jangan sampai diganggu keamanannya. Kalau daerah aman, maka pembangunan akan berjalan cepat," demikian Sutiyoso.

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015