Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Gorontalo menggelar vaksinasi COVID-19 kepada warga di Kecamatan Ponelo Kepulauan, Kabupaten Gorontalo Utara.

"Kita turut menggenjot capaian vaksinasi COVID-19 di Provinsi Gorontalo, termasuk di wilayah kepulauan," kata Kepala BIN Daerah Gorontalo, Suryono, di Gorontalo, Selasa.

Pihaknya, kata dia, juga memaksimalkan jangkauan pelayanan vaksinasi kepada seluruh lapisan masyarakat mulai dari pusat kota hingga wilayah pedalaman dan pesisir.

"Kendala masyarakat mendapatkan pelayanan vaksinasi COVID-19 harus diatasi. Sehingga pelayanan pun dipermudah dengan mendatangi langsung wilayah yang sulit mendapatkan akses transportasi karena harus menyeberang laut seperti Ponelo Kepulauan," katanya.

Para tenaga kesehatan yang disiapkan, mendatangi rumah-rumah warga (door to door) melakukan pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi.

"Kami pun menargetkan peningkatan vaksinasi dosis tiga," tambahnya.

Mengingat cakupan vaksinasi sangat penting sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada seluruh lapisan masyarakat dengan adanya pelonggaran berkegiatan di luar rumah.

Olehnya, pelonggaran aktivitas sosial yang patut disyukuri harus dibarengi dengan perluasan cakupan vaksinasi.

Termasuk mencapai sasaran vaksinasi baik dosis dua maupun tiga. Sebab diharapkan masyarakat dapat tuntas vaksinasi COVID-19 hingga divaksin dosis tiga (booster) untuk mencapai kekebalan komunal dan dapat bertahan lama.

Sekretaris Pemerintah Kecamatan Ponelo Kepulauan, Royin Buheli mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan vaksinasi oleh pihak BIN Gorontalo.

Saat ini kata dia, capaian vaksinasi booster di wilayah itu mencapai 163 orang dari 3.823 sasaran.

Sementara capaian vaksinasi dosis pertama sebanyak 82 persen dan dosis dua mencapai 62 persen.

Masih rendahnya capaian vaksinasi booster kata dia, terkendala kurangnya animo masyarakat karena pemahaman masyarakat yang merasa aman telah divaksin dosis satu dan dua.

Disamping itu, tidak berniat melakukan perjalanan luar daerah juga mengurangi minat masyarakat mendapatkan vaksin booster.***
BIN Daerah Gorontalo menggelar pelayanan vaksinasi COVID-19 di Kecamatan Ponelo Kepulauan, Kabupaten Gorontalo Utara, Selasa (5/7/2022). (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022