Bupati Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, Hamim Pou mengatakan pemerintah kabupaten (Pemkab) setempat sangat berkepentingan dan berkomitmen untuk memajukan ekonomi kreatif (ekraf).

"Kabupaten Bone Bolango memiliki potensi ekonomi kreatif yang luar biasa, baik dari sisi penciptaan lapangan kerja dan bidang lainnya. Ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujar Hamim di Gorontalo, Senin.

Hal ini diutarakan Bupati Hamim Pou usai membuka secara resmi Musyawarah Daerah (Musda) ke-I Komite Ekonomi Kreatif Bone Bolango yang bertemakan optimalisasi pengembangan kelembagaan menuju Kabupaten/Kota kreatif, di Hotel Toewawa.

"Varian ekonomi kreatif ini luar biasa sektornya, ada puluhan bahkan ratusan sektor, dan menyerap tenaga kerja luar biasa, dan tentu golnya bagaimana kita ini menjadi orang-orang sejahtera" ucapnya.

Oleh karena itu, kata Bupati, kita perlu bergandengan tangan bagaimana pengurus Komite Ekonomi Kreatif Bone Bolango ini membuat ekosistem yang baik dan didukung oleh pemerintah daerah melalui organisasi perangkat daerah (OPD), Camat, hingga Kades. Apalagi di Bone Bolango ini ada 23 ribu pelaku UMKM, itu semua ada di dalamnya sebagai penggerak utama ekonomi.

"Saya berharap Komite Ekonomi Kreatif menjadi sebuah organisasi yang kuat dengan pengurus yang solid, memiliki kreatifitas yang tinggi. Kemudian yang dibangun adalah kompetisi dan kolaborasi, bergandengan tangan untuk sukses bersama-sama, saling mendorong, saling memanusiakan, dan buat jejaring semua," harap Hamim.

Hamim mengungkapkan akan ada peran pemerintah daerah di program itu, kita akan bantu fasilitasi, bantu buatkan regulasi, dan Komite Ekonomi Kreatif yang akan melaksanakan dan mengimplementasikan apa yang telah dibuatkan oleh Pemkab.

Hamim Pou berharap siapapun yang terpilih menjadi Ketua Komite Ekonomi Kreatif, nanti harus bertanggungjawab dan berkolaborasi. 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022