Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, berharap jumlah penerima program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) bagi masyarakat daerah itu terus meningkat setiap tahun.

"Semasa saya menjabat Wakil Bupati periode 2013 hingga 2018, masih ada sekitar 6 ribu kepala keluarga yang memerlukan bantuan ini. Sehingga peningkatannya setiap tahun diharapkan signifikan agar masyarakat sasaran penerima dapat tuntas," kata Wakil Ketua DPRD Gorontalo Utara, Roni Imran, di Gorontalo, Rabu.

Apalagi rumah layak huni sangat bermanfaat bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

"Mereka tidak lagi disibukkan mengumpul uang untuk membangun rumah yang layak. Namun dapat fokus memenuhi ekonomi rumah tangga termasuk membiayai keperluan anak sekolah dan lainnya," katanya.

Sehingga program ini terus mendorong upaya pengentasan kemiskinan baik di daerah maupun skala nasional.

DPRD, kata Roni pula, sangat mendorong pemerintah daerah untuk mendata ulang berapa jumlah kepala keluarga yang berhak menerima program BSPS.

Termasuk melalui pemerintah desa, agar diingatkan kepada warga penerima BSPS untuk tidak lagi tinggal di rumah sebelumnya.

Rumah yang sudah tak layak lagi agar dibongkar, untuk menempati rumah baru. Dengan begitu, pemerintah mudah untuk mendata jumlah warga yang memerlukan bantuan tersebut.

DPRD berharap, melalui program tersebut, secara bertahap tidak ada lagi rumah yang masih beratap rumbia, berdinding jelaga dan berlantai tanah di daerah itu.

"Kita akan terus memperjuangkan peningkatan program BSPS untuk daerah ini, termasuk melalui Wakil Ketua DPR, Rachmat Gobel," imbuhnya.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022