Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Gorontalo mengajak mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo mengampanyekan gerakan Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah.

Hal itu dilakukan melalui kegiatan Konser edisi Cinta Rupiah dengan tema “Mahasiwa Cinta Bangga Paham Rupiah dan QRIS”, hasil kerja sama KPw BI Gorontalo dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Negeri Gorontalo.

Deputi Kepala Perwakilan BI Gorontalo Miftahul Huda pada kegiatan itu di Gorontalo, Kamis, mengatakan konser dihadiri oleh ratusan mahasiswa dari berbagai jurusan dan beberapa perguruan tinggi negeri maupun swasta di daerah itu.

Ia menjelaskan Bank Indonesia selaku otoritas yang mengedarkan rupiah ke seluruh penjuru negeri ini memberikan edukasi atau pesan kepada masyarakat, khususnya kepada mahasiswa.

"Edukasi yang kita lakukan tentang bagaimana cara kita mencintai, kita bangga, dan kita paham mengenai rupiah serta bagaimana cara kita bertransaksi digital di zaman dengan kemajuan teknologi sekarang ini," ungkap dia.

Konser edisi Cinta Rupiah itu bertujuan memberikan edukasi dan pemahaman kepada mahasiswa untuk ikut mengampanyekan gerakan CBP Rupiah dimana cinta rupiah ditunjukkan dengan mengenali, merawat, dan menjaga uang rupiah sebagai satu-satunya alat pembayaran yang sah di wilayah NKRI.

"Bangga rupiah ditunjukkan dengan selalu menggunakan rupiah dalam setiap transaksi dan paham rupiah ditunjukkan dengan memahami fungsi rupiah sebagai nilai tukar dan cara mengelolanya," katanya.

Edukasi tentang sistem pembayaran masa kini dengan menggunakan kanal pembayaran QRIS dan juga BI Fast sebagai transformasi Sistem Kliring Nasional (SKN) BI juga menjadi topik lainnya yang disosialisasikan dalam kegiatan itu.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022