Penjabat Gubernur Gorontalo Hendra Hamka Noer, Sabtu, mengatakan pihak pemerintah provinsi (Pemprov) setempat akan segera merenovasi asrama mahasiswa Gorontalo yang terletak di Kota Malang, Jawa Timur.

Hamka telah melihat langsung kondisi asrama yang terletak di Jalan Mertojoyo Barat Nomor 18 Merjosari, Kecamatan Lowokwaru, tersebut pada Jumat (29/7).

Kondisi bangunannya rusak sebagian dan terdapat kebocoran pada sejumlah kamar, sehingga membutuhkan renovasi.

“Yang jelas, renovasi asrama ini menjadi komitmen kami Pemprov Gorontalo, agar para mahasiswa fokus belajar dan nyaman tinggal di sini. Mereka adalah SDM yang dimiliki oleh Provinsi Gorontalo yang kelak masa depan berada di tangan anak-anak muda ini,” kata Hamka.

Sementara itu Kepala Dinas PUPR Provinsi Gorontalo Handoyo Sugiarto, mengatakan pihaknya sudah menganggarkan melalui APBD induk  tahun 2022 untuk biaya renovasi asrama di Malang.

Proses pekerjaan dilakukan dengan tender, dengan anggaran kurang lebih Rp900 juta.

Pemprov menargetkan renovasi tersebut selesai pada akhir tahun 2022, sehingga awal tahun 2023 bisa diresmikan.

“Asrama Malang ini lebih luas dari Asrama di Surabaya karena bangunannya berada di lahan 390 meter persegi. Karena luas, maka asrama ini akan memiliki 19 kamar. 15 kamar bagian bawah dan 4 kamar bagian atas,” kata Handoyo.

Sementara itu Kepala Biro Umum Reflin Buata mengatakan selama pekerjaan renovasi, mahasiswa akan pindah ke rumah kontrakan yang sudah disiapkan oleh Pemprov Gorontalo.

 

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022