PLN Unit Pelaksana Pengatur Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (UP2D Suluttenggo) terus meningkatkan layanan kelistrikan di Gorontalo dan dua provinsi lainnya, yang menjadi wilayah kerjanya.

"Kami berupaya bertindak cermat, preventif dan antisipatif dalam menjaga penyaluran tenaga listrik di tiga provinsi yakni Sulawesi Utara, Gorontalo dan Sulawesi Tengah," kata GM PLN Suluttenggo Leo Basuki, di Manado, Jumat.

Dia mengatakan tidak banyak yang mengetahui bahwa PLN memiliki sebuah unit khusus yang bertugas untuk menjaga penyaluran atau distribusi tenaga listriknya agar tetap terpantau dan terjaga kualitasnya.

Hal ini yang menjadi tugas dan tanggung jawab PLN UP2D Suluttenggo sebagai salah satu dari sekian unit pelaksana yang beroperasi di bawah komando PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Suluttenggo.

Manajer UP2D Suluttenggo Petrus Irwan mengatakan PLN berupaya berbenah dan terus meningkatkan pelayanannya untuk menghasilkan listrik yang andal dan berkualitas sebagai bagian dari pelayanan kelas satu PLN.

Hal ini tentu saja merupakan perpanjangan dari visi PLN yakni Menjadi Perusahaan Listrik Terkemuka se-Asia Tenggara dan #1 Pilihan Pelanggan untuk Solusi Energi.

Dalam upayanya, PLN UP2D Suluttenggo rutin menggelar berbagai kegiatan pemeliharaan aset kelistrikan terjadwal yang bertujuan untuk menjaga kualitas peralatan agar dapat berfungsi dengan baik dan terjaga umur produktif penggunaannya.

Pemeliharaan yang dilakukan meliputi, penggantian modem, Inspeksi EAM, Pemeliharaan RTU dan Pheriperal, Survey Kebutuhan Scada, dan masih banyak lagi.

Pekerjaan yang dilakukan bersifat preventif atau bagian dari mitigasi risiko oleh pihak PLN dalam mengamankan pasokan listrik yang andal dan jauh dari ancaman gangguan listrik yang berat dan berpotensi padam meluas.

Tidak hanya pekerjaan teknis yang dilakukan, pembenahan dari sisi prosedur dan juga pemantapan sistem manajemen terintegrasi berbasis risiko pada lingkup alur teknis pekerjaan pengendalian distribusi pun dilakukan untuk meng-evaluasi dan melangkah maju dari "lesson learned" yang didapat dari pengalaman dan inovasi di lingkungan PLN UIW Suluttenggo.

Menanggapi ini, Petrus Irwan menyebarkan optimistis  untuk terus meningkatkan layanan dan keandalan listrik PLN hingga ke pelosok negeri.

"Dengan semangat optimisme di HUT RI ke-77 tahun ini, tentunya kami tidak akan berhenti berbenah dan memberikan yang terbaik untuk senyum seluruh pelanggan PLN," katanya.

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022