Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, meningkatkan pelayanan kependudukan bagi masyarakat di daerah tersebut.

Untuk itu, secara berkala Disdukcapil Bone Bolango melakukan survei kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan.

Kepala Dinas Dukcapil Bone Bolango Oktavianus Rahman di Gorontalo, Kamis, mengatakan pelayanan maksimal menjadi motto di Dinas Dukcapil dan terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Ada standar dalam pelayanan publik, baik dalam mengumumkan jenis dan produk layanan, mekanisme dan prosedur pelayanan, jangka waktu dan berbagai kelengkapan pelayanan lainnya seperti front office, ruang tunggu yang nyaman, atribut-atribut layanan maupun layanan kepada penyandang disabilitas," ucap dia.

Ia menjelaskan, pihaknya melakukan survei kepuasan masyarakat sebagai salah satu instrumen untuk mengukur sejauh mana layanan Dinas Dukcapil membahagiakan masyarakat.

"Dinas Dukcapil setiap bulan melaksanakan survei secara mandiri melalui online, yang diisi oleh masyarakat sebagai pemohon melalui laman situs," katanya.

Hasilnya, kata Oktavianus, Dinas Dukcapil memperoleh hasil yang sangat memuaskan.

"Hasil survei selang April hingga bulan Mei 2022 sangat baik. Hasil tersebut sebagai acuan kami memperbaiki pelayanan kepada masyarakat dalam rangka peningkatan layanan," kata Oktavianus.

Menurut dia, salah satu program yang telah dijalankan Disdukcapil Kabupaten Bone Bolango dan mendapat respons positif yaitu kemudahan pelayanan kependudukan dengan mendekatkan layanan di desa-desa yang sulit dijangkau.

"Pelayanan yang dapat dilakukan di kantor desa yaitu pelayanan cetak akta kelahiran, kartu keluarga, surat kematian, dan pindah datang penduduk," katanya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022