Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Kabupaten Bone Bolango salah satu dari 10 daerah di Indonesia menjadi lokasi uji coba Buku Sarana dan Prasarana (Sarpras) Desa, oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT).

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM-Pemdes) Kabupaten Bone Bolango, Dian Susilo, Rabu mengatakan, dalam rangka untuk mendukung pelaksanaan Undang-Undang Nomor 06 Tahun 2014 tentang Desa, Direktorat Sarana dan Prasarana Desa Ditjen PPMD, Kementerian Desa dan PDTT RI, bekerjasama dengan Masyarakat dan Pelayananuntuk Kesejahteraan (KOMPAK) akan menyusun buku panduan yang diperuntukkan bagi masyarakat desa.

Salah satu langkah untuk mendapatkan penilaian dari masyarakat desa dalam rangka penyempurnaan isi, bahasa dan tampilan buku tersebut, maka Direktorat Pembangunan Sarana dan Prasarana Desa melaksanakan uji coba di 10 daerah kabupaten di lima provinsi," kata Dian Susilo.

10 kabupaten yang menjadi lokasi uji coba tersebut, meliputi Kabupaten Belitung Timur dan Belitung di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kabupaten Lampung Tengah dan Pringsewu Provinsi Lampung.

Kabupaten Bone Bolango dan Kabupaten Gorontalo di Provinsi Gorontalo, Kabupaten Purworejo dan Magelang di Provinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Timor Tengah Selatan dan Kupang di Provinsi Nusa Tenggara Timur(NTT).

Ia menambahkan, untuk pelaksanaan uji coba buku Sarpras Desa di Kabupaten Bone Bolango, itu telah dilaksanakan pada 7 Januari 2016 bertempat di Pantai Wisata Botutonuo Desa Botutonuo, Kecamatan Kabila Bone.

Adapun tujuan dari uji coba buku ini adalah untuk mendapatkan penilaian dari masyarakat dalam rangka penyempurnaan isi, bahasa dan tampilan buku panduan Sarpras Desa tersebut," tambah Dian.

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016