Bupati Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo Thariq Modanggu menyebutkan program rehabilitasi hutan dan lahan di daerah itu perlu dilakukan berkesinambungan.

"Kita wajib bekerja sama dalam menjaga kelestarian hutan dan lahan. Dengan penanaman bibit pohon secara berkesinambungan oleh seluruh elemen masyarakat di daerah ini, saya yakin dan percaya lingkungan kita akan segera hijau dan lestari," kata Thariq, di Gorontalo, Senin.

Ia hadir dan ikut menanam bibit pohon buah di Desa Huidu Melito, Kecamatan Tomilito di komplek Satuan Radar TNI AU 224 Kwandang.

Diikuti Kapolres, Kajari dan Dandim 1314 Gorontalo Utara, Danlanal Gorontalo, Kepala BPDAS Gorontalo, Camat Tomilito, kepala Desa Huidu Melito, ketua PIA Ardhya Garini ranting 04-15/daerah II Satrad 224 dan pengurus, serta warga desa setempat.

Tidak hanya menjadi kunjungan perdananya di lokasi tersebut kata dia, namun sebagai bupati, Thariq mengaku memberi dorongan dan dukungan penuh dalam program rehabilitasi hutan dan lahan.

Sebab sejalan dengan program pemerintah dalam menyelamatkan lingkungan dan mencegah kerusakan hutan lebih parah.

Seperti yang dilakukan Satrad 224 Kwandang bersama pemerintah desa setempat.

"Kegiatan ini perlu dicontoh dan diterapkan di desa lainnya untuk keberhasilan program penghijauan secara merata di daerah ini. Apalagi dampaknya akan mengatasi bencana banjir, kedangkalan sungai dan tanah longsor," katanya.

Komandan Satuan Radar 224 Kwandang Mayor Lek Janner H. Silalahi, mengatakan, program rehabilitasi hutan dan lahan di wilayah tersebut, sudah berlangsung sejak 14 September 2022.

Pihaknya bersama pemerintah Desa Hiudu Melito, memulai sosialisasi dan rapat koordinasi melibatkan warga.

Kemudian dilakukan pembagian bibit pohon beragam jenis buah dan pupuk yang dilakukan di kawasan persemaian Toyidito.

Selanjutnya membuat lubang dan mulai melakukan penanaman bibit. Sebanyak 1.000 bibit pohon buah-buahan yang ditanam.

Dengan harapan, rehabilitasi hutan dan lahan berhasil menghijaukan alam sekitar juga memberi dampak ekonomis bagi warga setempat karena bibit yang ditanam adalah buah-buahan yang diminati pasar.

"Kami pun bersyukur, pak bupati memberi dukungan penuh terhadap kegiatan ini. Dan ikut melakukan penanaman," katanya.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022