Bupati Bone Bolango, Hamim Pou menyerahkan gerai "Pas Kecil" dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Gorontalo kepada nelayan di Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

"Saya berharap lewat gerai Pas Kecil nelayan di Kabupaten Bone Bolango akan kian sejahtera," ucap Hamim usai penyerahan, Kamis.

Hamim menilai melalui salah satu kiat kegiatan gerai nasional Pas Kecil atau Surat Tanda Kebangsaan Kapal itu akan banyak membantu nelayan di Kabupaten Bone Bolango. Sebab Pas Kecil banyak kegunaannya.

"Pas kecil ini akan banyak gunanya juga karena semacam sertifikat atau BPKB yang bisa dijaminkan di Bank untuk meminjam dan untuk modal menambah perahu, beli katinting, beli mesin, rakit dan jika perlu menjadi tabungan," tutur Hamim.

Bupati Bone Bolango dua periode itu mengatakan penyerahan Pas Kecil ini sebagai bagian dari dukungan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Gorontalo terhadap nelayan kecil di Bone Bolango dan pengembangan wisata.

"Selain mengelola tangkapan ikan, nelayan di sini juga bisa mendapatkan pendapatan tambahan dari sektor pariwisata. Lewat jasa perahu bisa membawa wisatawan bercengkerama dengan hiu paus di objek wisata Botubarani, bahkan jika memungkinkan hingga Taman Laut Olele untuk diving," kata Hamim.

Hamim juga menitipkan pesan agar para nelayan di lokasi tersebut senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dan kepastian harga guna menarik minat wisatawan.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Gorontalo, Taher Laitupa menambahkan jumlah Pas Kecil yang diserahkan pada kegiatan tersebut sebanyak 500.

"Gerai pas kecil ini bisa dimanfaatkan untuk meminta kredit di bank untuk kesejahteraan dengan kisaran pinjaman sebesar 20 hingga 30 juta rupiah," jelas nya.

Pas Kecil merupakan dokumen penting yang dapat digunakan sebagai dokumen kepemilikan kapal, Surat Tanda Kebangsaan Kapal, Dokumen Kelengkapan Berlayar. Pas Kecil ini sekaligus dimanfaatkan demi keamanan melakukan pelayaran. 

Tidak hanya itu, Pas Kecil juga bisa dimanfaatkan sebagai jaminan kredit usaha, serta memberikan kemudahan pendataan jika terjadi bahaya di laut atau saat berlayar.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022