Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, AKBP Juprisan Pratama Ramadhan Nasution, mengimbau warga di wilayah kepulauan untuk ikut mengawasi aktivitas pemboman ikan di perairan tersebut.

"Cara efektif melawan aktivitas pemboman ikan adalah dengan melakukan pengawasan bersama. Masyarakat agar tidak tinggal diam. Segera laporkan ke Kepolisian jika menemukan aktivitas terlarang itu," kata Juprisan, di Gorontalo, Jumat.

Ia didampingi Wakapolres Kompol Nikson Yusuf, beserta jajaran, menjumpai masyarakat di Kecamatan Ponelo Kepulauan.

Diantaranya, warga Dusun Baruga, Desa Malambe, pada kegiatan penyuluhan hukum yang disebut 'Jumat Curhat bersama Polres Gorontalo Utara'.

Aktivitas perikanan tangkap di wilayah itu, cukup tinggi. Sehingga nelayan diminta tetap menerapkan aktivitas ramah lingkungan.

"Jika ada oknum pengguna bom untuk menangkap ikan, agar warga tidak sungkan melapor sebagai langkah mencegah aktivitas berbahaya dan merusak ekosistem bawah laut tersebut," katanya.

Warga khususnya nelayan tangkap pun diharapkan ikut menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban di wilayah kepulauan apalagi menjelang pergantian tahun.

Keramaian yang juga akan mewarnai wilayah kepulauan, agar dapat dilakukan dengan tertib.

Jika ingin merayakan malam pergantian tahun, agar dilakukan dengan teratur untuk mencegah gangguan keamanan.

Pihak Polres pun akan terus melakukan sosialisasi penyuluhan hukum untuk mengantisipasi tindak kriminalitas di seluruh wilayah, khususnya pulau-pulau berpenghuni maupun pulau-pulau sebagai destinasi wisata di daerah itu.

"Jika ditemukan aktivitas yang akan memicu gangguan keamanan di desa, agar warga tidak mengatasi sendiri. Namun diharapkan melaporkan ke pemerintah desa maupun pihak berwajib untuk ditindaklanjuti dengan cepat," katanya pula.***
Polres Gorontalo Utara melakukan sosialisasi penyuluhan hukum di wilayah Kecamatan Ponelo Kepulauan. (ANTARA/HO-humas Polres)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022