Wakil Bupati Bone Bolango (Bonebol), Provinsi Gorontalo, Merlan Uloli mengatakan bahwa perempuan harus berani mengekspresikan kreatifitas diri hingga harus kuat dalam keadaan apapun agar tidak bergantung pada orang lain.

"Perempuan kuat adalah perempuan yang tangguh walaupun menghadapi persoalan apapun," ungkap Wabup Merlan di Gorontalo, Kamis.

Hal tersebut disampaikan Merlan pada kegiatan program inovasi Sekolah Untuk Kaum Perempuan Bangun Kompetensi Diri dan Ketahanan Keluarga (Sekuntum Kenanga) di Aula Balai Kemasyarakatan Desa Ayula Selatan, Kecamatan Bulango Selatan.

Ia tidak menginginkan perempuan di Bone Bolango lemah dan terus bergantung pada suatu keadaan yang harus dipaksakan.

"Jika kita ingin menjadi perempuan hebat maka kita harus mandiri, tangguh, cerdas, dan cantik percaya diri tampil di hadapan orang lain," tegas dia. 

Merlan menjelaskan, Hidup adalah pilihan, jika memilih bertahan harus pertahankan dengan mati-matian dengan menahan ego serta mengubah diri," ungkap Wakil Bupati perempuan pertama di Bone Bolango itu.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Sosial P3APPKB Bone Bolango, Lukman Daud, menuturkan program inovasi ini baik sehingga harus dimanfaatkan dengan baik agar perempuan lebih mandiri dan bisa mengontrol setiap perubahan.

"Saya berharap lewat program inovasi Sekuntum Kenanga yang diinisiasi Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Peduli Anak, Oktavianita Helingo ini perempuan di Bone Bolango harus lebih tangguh lagi,"tandas nya.

Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Peduli Anak, Oktavianita Helingo, menjelaskan program inovasi Sekuntum Kenanga ini sengaja dipusatkan di Desa Ayula Selatan, Kecamatan Bulango Selatan, karena menjadi percontohan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA) Bone Bolango.

Oktavianita menjelaskan program inovasi Sekuntum Kenanga memiliki tujuan utama, yakni menjadi pusat layanan  perempuan di komunitas dan dapat menjadi organisasi akar rumput yang disegani di komunitas melalui  kegiatan pembinaan, pelatihan dan sosialisasi.

"Harapannya perempuan di desa mampu melaksanakan fungsi ketahanan keluarga dan bisa menjadi penggerak pembangunan di segala sektor sehingga Indeks Pembangunan Gender (IDG) di Kabupaten Bone Bolango dapat lebih ditingkatkan," jelas dia.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022