Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara menjalin kerja sama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) ICHSAN Gorontalo Utara di bidang promosi pariwisata dengan memanfaatkan teknologi digital.

Salah satu platform yang digunakan kata Ketua STIH ICHSAN Gorontalo Utara, Dr Fatma Ngabito di Goronntalo, Jumat, adalah melalui literasi digital.

Saat ini, pengguna perangkat digital khususnya handphone sangat tinggi, sehingga promosi wisata sangat efektif dilakukan melalui teknologi yang lebih terarah.

Melalui literasi digital pun,dapat lebih mudah diterima publik. "Kita menyajikan, orang mengklik, sehingga mudah dibaca dan cepat diketahui atau menyebar di ruang publik secara luas baik nasional maupun dunia," katanya.

Melalui kerja sama tersebut, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, serta Dinas Kominfo diharapkan terus mendorong promosi pariwisata berbasis kearifan lokal.

"Kami membangun kerja sama ini sebagai bagian menjalankan peran masing-masing dalam promosi pariwisata daerah. Dan STIH pun melaksanakan sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, dalam perannya ikut membangun daerah," katanya.

Penandatanganan kerja sama tersebut juga bertepatan dengan Bulan Literasi dan peringatan 1 tahun STIH ICHSAN.

Selain itu dirangkaikan dengan 'Talk Show' dengan tema optimalisasi literasi digital guna mendorong promosi pariwisata berbasis kearifan lokal di Gorontalo Utara, yang dihadiri kalangan mahasiswa, pelajar SMU, SMK, dan SMP di daerah itu.

Ia berharap, kolaborasi dan saling berkontribusi akan berhasil meningkatkan sumber penerimaan daerah di sektor pariwisata, maupun sektor lainnya.

"Kami sangat bangga dengan kerja sama yang dijalin ini, khususnya dalam menyosialisasikan serta mengedukasi masyarakat juga seluruh pemangku kepentingan terhadap potensi besar pariwisata yang dimiliki daerah," katanya.

Sebagai perguruan tinggi di daerah tersebut, kata Fatma, pihaknya akan mengambil peran baik secara langsung maupun berkontribusi dalam menyebarluaskan informasi untuk promosi pariwisata daerah.

Perguruan Tinggi juga bertanggung jawab dalam ikut mempromosikan pariwisata daerah.

Apalagi di era digital saat ini, kegiatan promosi menjadi sangat mudah dan luas sehingga lerguruan tinggi perlu mengambil bagian dalam upaya promosi.

Khususnya mengedukasi melakukan promosi terfokus melalui perangkat digital.
Penandatanganan perjanjian kerja sama antara Sekolah Tinggi Ilmu Hukum ICHSAN dengan 3 dinas Pemkab Gorontalo Utara, dalam pengembangan promosi pariwisata memanfaatkan teknologi digital. (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022