Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, mendukung kegiatan peningkatan kapasitas kelembagaan desa.

"Penguatan kelembagaan desa harus terus dilakukan. Sebab kegiatan ini akan bermuara pada terwujudnya pembangunan desa yang bisa sejahterakan masyarakat di desa," kata Ketua DPRD, Deisy Sandra Maryana Datau, di Gorontalo, Sabtu.

Mengingat di desa, tidak hanya ada kepala desa dan perangkat, namun ada juga Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), serta BUMDes.

Sehingga setiap lembaga yang ada di desa, berperan dan berkontribusi dalam membangun desa dan masyarakatnya.

"Maka kontribusi tersebut harus diapresiasi, dengan melakukan penguatan dan peningkatan kapasitas kelembagaan secara berkelanjutan. Mengingat dalam tatanan kehidupan dan pembangunan di desa, tentu suasananya sangat dinamis," katanya.

Jika dicermati kata Deisy, kebijakan dana desa pun diantaranya penguatan kelembagaan pemerintah desa, juga mencakup LPM dan Badan Permusyawaratan Desa, yang memegang aturan, serta jalannya pemerintahan, mengingat pemerintahan desa ada di garda terdepan.

Sehingga DPRD, sangat mendukung kegiatan yang dilaksanakan pemerintah desa di daerah itu, dalam peningkatan kapasitas kelembagaan desa.

Kepala Desa Mokonowu, Kecamatan Monano, Pailus Tomayahu, mengatakan, pihaknya menggelar kegiatan tersebut agar setiap lembaga di desa, dapat mengetahui peran masing-masing dalam melaksanakan tugas.

Khususnya memahami fungsi lembaga agar pemerintahan di tingkat desa dapat berjalan sesuai aturan yang ada.

Apalagi dalam perannya, kata Pailus, seluruh kelembagaan di desa memiliki tugas dan wewenang mengawasi dan menyusun APBDes.

Maka penguatan kelembagaan desa diharapkan digawangi oleh sumber daya manusia yang memiliki kapasitas yang akan mengantar kebijakan-kebijakan serius dan berkelanjutan untuk mewujudkan pembangunan di desa yang berhasil dan menyejahterakan masyarakat.

"Desa Mokonowu ada di wilayah barat kabupaten ini. Dengan potensi desa yang dimiliki, kami berharap seluruh masyarakat di desa, khususnya perangkat dan lembaga di desa akan mampu bekerja sama mewujudkan keberhasilan pembangunan desa," katanya.***
Pemerintah Desa Mokonowu, Kecamatan Monano, Gorontalo Utara, menggelar kegiatan Peningkatan Kapasitas Lembaga Desa. (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022