Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer menyentil beberapa kinerja yang menunjukkan adanya perbaikan, pada saat Rapat Paripurna DPRD dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-22 Provinsi Gorontalo, Senin.

Ia menyebut Indeks Pembangunan Manusia di daerah itu mencapai 69,81 poin, mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2021 sebesar 69,00 poin, kemudian pertumbuhan ekonomi tumbuh 4,09 persen pada triwulan III dan tingkat pengangguran terbuka turun hingga 2,58 persen pada Agustus 2022.

“Namun demikian, perbaikan yang terjadi pada kinerja peningkatan ekonomi dan penurunan tingkat pengangguran masih belum cukup mempengaruhi penurunan tingkat kemiskinan dan ketimpangan di Provinsi Gorontalo yang justru mengalami peningkatan,” kata Hamka.
 
Ia menambahkan, dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi dan konektivitas antar wilayah, Pemerintah Provinsi Gorontalo melalui dukungan Kementerian PUPR terus melakukan pembenahan infrastruktur.

Infrastruktur itu diantaranya peningkatan Jalan Molingkapoto Kwandang, Jalan Taludaa yang merupakan jalur akses penghubung Provinsi Gorontalo dan Sulut, serta peningkatan Jalan Prof. Jhon Aryo Katili melalui anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Sementara itu, Ketua DPRD Provinsi Gorontalo Paris RA Jusuf mengatakan peringatan HUT ke- 22 Provinsi Gorontalo bukan semata-mata mengenang dan berbagi cerita dan kegiatan seremonial belaka, melainkan sebagai momentum untuk melihat kembali capaian yang sudah ada dan memperbaiki program pembangunan ke depan.

“Sebagai masyarakat Provinsi Gorontalo, hari ini menjadi inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan daerah dengan karya nyata. Kita bingkai catatan perjalanan hari ini dan ke depan dengan kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas demi meraih masa depan yang lebih baik,” kata Paris.

Usai pelaksanaan rapat paripurna, Hamka membuka kegiatan Pekan Seni dan Olahraga yang diselenggarakan oleh DPRD Provinsi Gorontalo.

Rapat paripurna tersebut turut dihadiri unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta jajaran Bupati/Walikota se-Provinsi Gorontalo.

 

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022