Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, meraih predikat prima unit penyelenggara pelayanan publik dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemepan-RB). 

Kepala Dinas Dukcapil Bone Bolango, Oktavianus Rahman di Gorontalo, Kamis, mengatakan Dukcapil meraih predikat prima unit penyelenggara pelayanan publik melalui penilaian yang selektif dan evaluasi di seluruh Indonesia. 

"Untuk Kabupaten Bone Bolango, yang dinilai di antaranya Dukcapil, DPTSP dan Satuan Lalu lintas, Polres Bone Bolango," jelas Oktavianus.

Kepala Dinas mengungkapkan, untuk Dukcapil Bone Bolango penilaian ini sudah tahun ke lima dilaksanakan. Ia menguraikan pada tahun 2018 pelayanan Dukcapil meraih predikat C-, tahun 2019 dan 2020, tahun 2021 predikat A - dan 2022 berhasil meningkat lagi menjadi A atau kategori prima. 

"Jadi memang kita berproses dan on the track. Hal-hal yang kurang diperbaiki, dilengkapi dan semua administrasi dipenuhi," ujar Oktavianus. 

Ia mengungkapkan, tidak mudah untuk Dukcapil Bone Bolango mencapai predikat A atau kategori Prima. Untuk jajaran Dinas Dukcapil se Provinsi Gorontalo, yang berhasil meraih predikat A atau Prima diraih pertama kali oleh Dukcapil Bone Bolango. 

"Adapun area yang menjadi objek penilaian diantaranya kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana dan prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, serta inovasi pelayanan publik," katanya. 

Ia menegaskan, untuk mempertahankan sebuah prestasi tidaklah mudah. Sehingga Oktavianus bertekad yang sudah baik akan terus dipertahankan dan ditingkatkan serta yang kurang diperbaiki dan dilengkapi. 

"Karena hasil penilaian Kabupaten/Kota akan diserahkan dalam bentuk laporan  hasil penilaian yang dinilai tiap area dan tindak lanjutnya," tutur Oktavianus. 

Ia pun berharap dengan pencapaian prestasi itu, pelayanan Dukcapil Kabupaten Bone Bolango bisa membahagiakan masyarakat.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022