Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara menyiapkan sekitar Rp80 miliar, untuk membangun infrastruktur jalan "by pass" Moluo-Molingkapoto di ibukota kabupaten, yakni Kecamatan Kwandang.

Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin, Jumat mengatakan, infrastruktur tersebut merupakan program lanjutan yang memang direncanakan menjadi ikon daerah ini sebagai wilayah di lintas Trans Sulawesi.

Anggarannya pun bersumber dari alokasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten tahun 2016, sehingga realisasinya dipastikan tahun ini juga.

Selain itu kata Indra, jalan "by pass" penting untuk mengakomodir kepentingan masyarakat khususnya pelaku ekonomi yang cukup ramai di wilayah ini.

Seperti perlintasan jalur angkutan barang dari dan ke Kota Gorontalo yang melintasi wilayah ini, maupun jalur produksi perikanan dari Pelabuhan Kwandang dan Gentuma dan sebaliknya agar tidak melewati jalur angkutan umum.

Pembangunan "by pass" pun ditargetkan menjadi pemicu utama dalam pembangunan perekonomian lintas daerah, sehingga pemerintah daerah akan melakukan penataan wilayah di sekitarnya agar mampu mendorong produktivitas perekonomian lokal di berbagai sektor.

Alfian (38), warga Kecamatan Kwandang mengaku mendukung langkah pemerintah daerah membangun jalan "by pass", agar daerah ini semakin maju seiring kemudahan jalur transportasi yang disiapkan.

Ia berharap, tidak hanya jalur by pass yang dibangun, namun pemerintah daerah perlu memikirkan penataan jalur di puncak Pontolo yang menjadi jalur utama kendaraan untuk masuk dan ke luar dari Gorontalo.

Kondisi jalan yang cukup terjal dan sering mengakibatkan kecelakaan lalu lintas, perlu diperbaiki agar kendaraan besar atau bermuatan berat tidak mengalami kendala saat melewati jalur tersebut.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016