Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo menyebutkan puluhan penyelam dari dalam dan luar negeri mengikuti kompetisi fotografi bawah laut atau Gorontalo International Underwater Photography Competition Seri-1 Tahun 2022.

“Peserta kompetisi ini berasal dari dalam negeri dan mancanegara. Kami berharap melalui lomba ini bisa mempromosikan taman laut Gorontalo yang begitu indah dan tidak kalah dengan destinasi bawah laut yang ada di daerah lain,” kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo Rifli M. Katili di Gorontalo, Selasa.

Para peserta akan mengeksplorasi keindahan bawah  laut dari berbagai spot penyelaman, yang berada di perairan utara dan selatan Provinsi Gorontalo.

Menurutnya, di perairan Selatan terdapat banyak titik penyelaman yang keindahannya sudah tersohor di dunia seperti Taman Laut Olele, Biluhu, wisata hiu paus Botubarani, Pulau Lahe dan Torosiaje.

Sedangkan obyek wisata laut perairan Utara seperti di Cagar Alam Pulau Mas Popaya Raja, Pulau Saronde dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Sebelumnya, para penggemar fotografi bawah laut mengikuti pembukaan acara Bingkai Pariiwsata dan Gorontalo International Underwater Photography Comptetition Seri 1 di halaman rumah dinas Gubernur Gorontalo pada Minggu (18/12).

Tema yang diangkat dalam kompetisi ini adalah Cintai bawah laut Gorontalo untuk Indonesia dan dunia, menuju destinasi Gorontalo berkelanjutan dan mendunia (love Gorontalo under sea for Indonesia and the world, towards a sustainable and worldwide Gorontalo destination)”.

Tema ini sejalan dengan upaya pemerintah Indonesia dan masyarakat dunia dalam melestarikan alam dan lingkungannya, termasuk dari ancaman perubahan iklim.

Kehadiran para fotografer dan juga penyelam dunia ini mendapat apresiasi dari Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer.

Ia mengatakan, pihaknya ingin mengirimkan pesan kepada masyarakat dunia bahwa Gorontalo memiliki kekhasan budaya, keindahan panorama alam bawah laut yang memesona dengan terumbu karang yang indah, serta keragaman biota laut.

“Inilah surga bagi para penyelam dan juga menjadi tujuan wisata bahari bertaraf internasional. Keindahan alam yang menyuguhkan pemandangan yang memukau, bersanding dengan karakter masyarakat Gorontalo yang ramah, religius, ulet, pekerja keras, dan terbuka,” kata Hamka.

Hamka Noer menyebut bahwa Gorontalo dianugerahi kekayaan dengan luas laut 876,663,08 hektare atau 9,638,44 km2, serta memiliki 127 pulau yang harus dimanfaatkan dengan optimal bagi kesejahteraan rakyat.

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022