Universitas Negeri Gorontalo (UNG) menggelar pameran seni rupa di Gerbang Kampus 4 UNG di Kabupaten Bone Bolango pada 24-26 Desember 2022.

Pameran berjudul Edu Art ini dilaksanakan oleh Program Studi Pendidikan Seni Rupa Jurusan Seni Rupa dan Desain Fakultas Teknik UNG, yang bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Seni Rupa dan Desain.

“Kami menyeleksi 100-an karya mahasiswa di laboratorium, yang lolos 54 karya lukis, desain produk, dan ornamen,” kata pengajar jurusan Pendidikan Seni Rupa Jurusan Seni Rupa dan Desain I Wayan Seriyoga Parta di Bone Bolango, Minggu.

Menurut Wayan, karya seni terbagi atas karya dua dan tiga dimensi.

Contoh karya 3 dimensi adalah tas, karena di jurusan Pendidikan Seni Rupa Jurusan Seni Rupa dan Desain ini terdapat mata kuliah desain produk.

Ketua Jurusan Seni Rupa dan Desain UNG I Wayan Sudana menjelaskan pameran merupakan kegiatan rutin tahunan dan untuk tahun ini merupakan yang ke-12.

Menurutnya, pameran merupakan salah satu wahana penting untuk menjadi seniman, karena predikat seniman tidak diberikan oleh institusi sebagaimana halnya predikat sarjana.

”Predikat dan reputasi sebagai seniman diberikan oleh publik berdasarkan intensitas dan konsistensinya dalam menghasilkan dan mempublikasikan karya-karya seni yang dihasilkan,” katanya.

Ia menambahkan, pihaknya hanya memfasilitasi dan mendorong mahasiswa, dalam meraih predikat dan reputasi sebagai seniman.

Pameran itu juga sebagai bentuk evaluasi dan pertanggungjawaban kepada publik, terhadap hasil-hasil studi mahasiswa yang dicapai selama satu semester.

Karya-karya tersebut mengekspresikan beragam ide atau konsep individu, yang ditampilkan dengan beragam bentuk melalui media, teknik, objek dan corak bervariasi.

Keragaman ide dan bentuk tersebut, merupakan representasi dari perbedaan visi intelektualitas dan kemampuan tiap-tiap mahasiswa dalam proses kreasi.

Proses ini tentu masih terus akan berkembang melalui studi intensif dan dinamika proses kreasi yang dilalui tiap mahasiswa dalam menapaki dunia seni rupa.

 

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022